-->

Tips Memilih Rice Cooker Atau Magic Com Yang Berkualitas Dan Sesuai Kebutuhan


Foto : blog.thulo.com
Kebanyakan dari kita sering menyebut sebuah alat penanak nasi dengan sebutan rice cooker, magic com atau magic jar, hal ini dikarenakan memang bentuk dari alat penanak nasi ini yang hampir sama satu sama lain.

Namun, perlu diketahui bahwa ketiga produk ini sebenarnya memiliki perbedaan fungsi masing-masing.

Lalu apa bedanya rice cooker, magic jar dan magic com tersebut?

Pada umumnya, perbedaan ketiga produk ini terletak pada fungsinya masing-masing, yakni rice cooker yang difungsikan untuk menanak nasi dan magic jar berfungsi sebagai penghangat nasi. Sedangkan untuk magic com merupakan gabungan dari rice cooker dan magic jar, sehingga dapat difungsikan untuk menanak nasi sekaligus menghangatkan nasi.

Dengan mengenali masing-masing fungsinya, maka sekarang anda dapat membedakan ketiga produk diatas. Karena disini yang akan saya bahas adalah tips memilih rice cooker atau magic com maka yang perlu dibahas adalah rice cooker dan magic com saja.

Mungkin dengan membaca artikel ini, anda akan dapat menentukan pilihan alat penanak nasi yang berkualitas serta sesuai dengan kebutuhan anda, karena seperti yang kita ketahui bersama bahwa terdapat banyak sekali di pasaran untuk pilihan produk penanak nasi ini, berbagai macam merk, ukuran atau model sudah tersedia di pasaran, tentunya anda harus selektif dalam memilihnya agar nantinya produk yang anda beli terjamin kualitasnya serta sesuai dengan kebutuhan.

Dibawah ini adalah beberapa tips untuk memilih rice cooker atau magic com yang berkualitas dan sesuai kebutuhan :

1. Pilih Rice Cooker Atau Magic Com?

Jika bicara soal perbandingan antara rice cooker dengan magic com, maka perbandingannya adalah pada tingkat kecanggihannya.

Pada awalnya rice cooker diciptakan, produk yang satu ini hanya mampu menanak nasi saja dan tidak dapat digunakan untuk menghangatkan nasi. Namun seiring dengan perkembangan zaman, produk rice cooker saat ini telah dikembangkan lagi yang awalnya hanya sekedar untuk dapat menanak nasi, sekarang sudah bisa digunakan untuk menghangatkan nasi juga.

Sedangkan jika dibandingkan dengan magic com, produk rice cooker saat ini telah memiliki fungsi yang sama seperti magic com, yakni dapat digunakan untuk menanak nasi dan menghangatkan nasi. Namun, magic com masih lebih unggul karena lebih canggih dari rice cooker.

Magic com telah dilengkapi dengan fitur-fitur tambahan yang canggih sehingga dapat digunakan untuk membuat bubur, mengukus kue, memasak sayur, membuat telor ceplok atau bahkan ada juga yang telah dilengkapi fitur quick cook (fitur untuk menanak nasi lebih cepat), timer system (fitur untuk mengatur waktu nyala atau hidup penanak nasi) dan masih banyak lagi fitur-fitur tambahan lainnya.

Jadi, jika anda membutuhkan alat penanak nasi dengan fitur-fitur tambahan lainnya, maka anda bisa memilih magic com, namun jika kebutuhan anda hanya sekedar untuk menanak nasi saja, maka memilih rice cooker adalah pilihan yang tepat.

2. Tentukan Ukuran/Kapasitas Pengisiannya

Produk penanak nasi yang beredar di pasaran telah tersedia dalam berbagai macam ukuran atau kapasitas pengisian mulai dari yang kecil, sedang, jumbo dan super jumbo.

Jika kebutuhan menanak nasi anda dalam sehari-hari hanya untuk satu orang saja, maka pilihlah ukuran yang paling kecil dengan kapasitas 0.6 Liter. Namun, jika untuk kebutuhan satu keluarga dengan beranggota keluarga ayah, ibu dengan dua anak, maka pilihlah yang sedang dengan kapasitas pengisian 1.8 Liter atau 2 Liter.

Dan bagi anda yang memerlukan sebuah penanak nasi untuk kebutuhan orang banyak dalam sehari-harinya, maka pilihlah ukuran jumbo atau super jumbo dengan kapasitas pengisian yang besar misalnya dengan kapasitas 5 - 10 Liter atau lebih.

Yang perlu diperhatikan adalah ketahuilah terlebih dulu berapa kapasitas pengisian nasi yang anda butuhkan sebelum melakukan pembelian.

3. Pastikan Produk Yang Anda Beli Aman Serta Berkualitas

Dalam memilih sebuah rice cooker atau magic com, bukan hanya tampilan luarnya saja yang harus diperhatikan, namun juga harus memperhatikan kualitas barangnya. Pastikan barang yang anda pilih tersebut sudah memenuhi standar SNI, hal ini bertujuan agar terhindar dari kemungkinan adanya produk abal-abal yang tidak mementingkan kualitas.

Hal ini bisa saja terjadi karena adanya produsen-produsen nakal yang tidak mementingkan kualitas barang, bahkan tega menggunakan bahan atau material yang berbahaya seperti melapisi panci dengan zat kimia tertentu agar panci tidak lengket, meski zat kimia tersebut sangatlah berbahaya.

Oleh karena itulah, sebagai pembeli kita harus bijak dan selektif dalam memilih sebuah barang terutama untuk peralatan dapur seperti rice cooker atau magic com ini, hal ini bertujuan agar kita terhindar dari kemungkinan buruk terhadap kesehatan kita.

4. Pilih Yang Mudah Digunakan/Dioperasikan

Produk yang bagus juga bisa dinilai dari penggunaannya yang mudah dan simpel, tentunya semua pembeli selalu menginginkan kemudahan dalam penggunaan sebuah barang, seperti halnya alat penanak nasi ini. Disaat membeli, usahakan untuk memilih alat penanak nasi yang paling mudah dioperasikan yang memiliki tombol sedikit, karena dengan alat penanak nasi yang memiliki tombol terlalu banyak, bisa membuat kita kesulitan atau bahkan bingung.

5. Sesuaikan Budget Anda Dengan Kebutuhan Yang Diperlukan

Tentunya semakin tinggi kualitas sebuah barang, maka akan semakin tinggi pula harga barang tersebut, harga barang yang tinggi tersebut sudah disesuaikan dengan spesifikasi yang ada. Misalnya seperti alat penanak nasi ini, jika barang semakin canggih dan semakin banyak fiturnya, maka harganya juga akan lebih mahal.

Oleh karena itu, anda harus menyesuaikan budget atau anggaran yang anda miliki, pilihlah alat penanak nasi yang memiliki spesifikasi sesuai kebutuhan. Jangan membeli barang dengan fitur-fitur tambahan, sedangkan anda tidak begitu membutuhkan fitur tersebut atau bahkan tidak menggunakannya sama sekali.

Hal ini bertujuan agar anda tidak terlalu memboroskan biaya yang tidak perlu, dan usahakan juga untuk membeli barang yang bagus meskipun agak mahal, dari pada anda membeli barang murah dengan kualitas kurang bagus, yang menjadikannya tidak awet atau tak mampu bertahan lama.

Bayangkan saja jika barang bagus yang anda beli tersebut ternyata mampu bertahan selama bertahun-tahun lamanya, maka dengan demikian, anda tidak perlu lagi kerepotan mengeluarkan biaya pembelian barang baru berulang-ulang.

6. Cari Tahu Merk Yang Populer Atau Yang Banyak Penggunanya

Merk seakan-akan telah menjadi identitas atau bahkan karakteristik sebuah produk, pada umumnya produk yang populer akan menguasai atau mendominasi pasar meskipun ada banyak pesaing lainnya.

Cobalah mencari informasi pada orang terdekat anda atau siapapun itu, mengenai pengalamannya dalam hal menggunakan sebuah merk alat penanak nasi tertentu, dengan informasi ini anda akan bisa mempertimbangkan terlebih dahulu sebelum memutuskan membeli produk penanak nasi dengan merk tertentu.

Contoh beberapa produk penanak nasi yang populer dan banyak digunakan di dalam negri seperti Maspion, Panasonic, Cosmos, Miyako, Yong Ma, Philips, Sharp dan beberapa merk lainnya.

7. Belilah Produk Penanak Nasi Yang Bergaransi

Alangkah baiknya bagi anda yang sudah berencana mau membeli alat penanak nasi untuk membeli barang yang memiliki kartu garansi dan pastikan juga kartu garansi tersebut bisa digunakan, hal ini dilakukan agar barang yang anda beli tersebut terjamin keasliannya.

Dan selain untuk menjamin keasliannya, hal ini juga akan lebih menguntungkan, karena apabila sewaktu-waktu barang rusak dalam waktu dekat, anda bisa segera melakukan klaim garansi ke kantor servicenya sehingga dapat menghemat pengeluaran karena mendapat service secara gratis.

Mungkin sekian dulu untuk artikel ini, dan semoga bermanfaat buat anda yang berencana membeli alat penanak nasi seperti rice cooker atau magic com ini.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Memilih Rice Cooker Atau Magic Com Yang Berkualitas Dan Sesuai Kebutuhan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel