-->

5 Hal ini Layak Anda Perhatikan Sebelum Membeli TV LED

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa menonton televisi di zaman sekarang ini bukanlah menjadi sebuah kebutuhan sekunder, namun lebih kepada kebutuhan yang primer atau pokok dan hal ini sudah terbukti dengan banyaknya pengguna televisi yang rata-rata hampir di setiap rumah akan ada perangkat ini. Memang televisi merupakan salah satu media elektronik yang paling banyak dipilih untuk keperluan mendapat informasi maupun untuk sarana hiburan juga.

Karena minat pengguna televisi sangatlah besar, hal inipun di respon oleh para produsen televisi untuk mengembangkan produknya agar semakin baik lagi dan demi memenuhi kebutuhan konsumennya teknologi televisipun kini telah mengalami perkembangannya yang selama bertahun-tahun menjadi semakin maju dan modern. Dan hingga sekarang teknologi televisipun masih terus dikembangkan, televisi hasil inovasi yang lebih baru saat ini yaitu televisi LED telah populer di berbagai kalangan tak terkecuali di masyarakat awam pada umumnya. Jika dibandingkan dengan pendahulunya seperti CRT TV (televisi tabung), Plasma TV atau LCD TV, untuk televisi LED ini sendiri teknologi sudah lebih baik karena memiliki keunggulan dalam menghemat energi listrik, lalu di segi kualitas gambarnya yang juga lebih tajam dan jernih sehingga mampu memberikan pengalaman menonton televisi yang lebih memuaskan.

Kini produk televisi LED tersebut sudah banyak beredar di pasaran dengan berbagai macam pilihan harga maupun fitur-fiturnya yang dapat anda pilih sesuai selera, namun bagi anda yang masih awam mengenai dunia elektronik mungkin akan kesulitan dan kurang paham disaat hendak membeli perangkat televisi LED. Maka dari itu, disini saya akan memberikan sedikit informasi tentang televisi LED untuk bahan pertimbangan sebelum membeli, tentunya tak ada salahnya mencari informasi terlebih dulu sebelum melakukan pembelian barang yang ingin dibeli, Bukan? Oke langsung saja simak ulasannya dibawah ini.

Berikut Ini 5 Hal Yang Layak Anda Perhatikan Sebelum Membeli TV LED

1. Perhatikan Merk Produk
Source images : www.m4vgear.com
Dari sekian banyaknya merk televisi LED yang beredar di pasaran, secara garis besar semua merk televisi LED tersebut memiliki kesamaan dalam hal teknologinya dan yang membedakannya adalah setiap merk tersebut memiliki perbedaannya dalam segi kualitas barang dan komponen pendukung lainnya. Untuk itu, lebih disarankan anda sudah tahu merk atau brand yang terbaik dan terpopuler sebelum membeli agar produk televisi yang anda beli bisa digunakan dengan lebih maksimal nantinya. Bisa dengan melakukan review terhadap berbagai merk tersebut melalui penggunaanya secara langsung agar anda tahu kualitas atau kepopuleran sebuah brand atau merk tersebut.

2. Kelengkapan Fitur Konektivitas
Source images : www.dignited.com
Televisi LED yang merupakan generasi televisi yang terbaru kini menawarkan berbagai fitur-fitur yang canggih, seiring dengan kemajuan teknologi di era digital seperti sekarang, kini televisi LED juga bisa digunakan untuk memutar video pada flashdisk atau kartu memori smartphone anda. Dan tak hanya itu saja, LED TV juga mampu menjadi penampil gambar untuk perangkat lainnya seperti PC atau laptop dan smartphone anda.

Untuk itu, pastikanlah ketersediaan fitur konektivitas yang lengkap untuk perangkat televisi LED yang mau anda beli, slot-slot konektivitas seperti USB port, HDMI port, I/O RCA port dan slot lainya harus ada agar acara menonton televisi anda lebih puas.

3. Rasio Kontras
Source images : androbit.net
Jika ingin televisi mampu menampilkan gambar dan warna yang lebih baik maka saya sarankan untuk memilih televisi LED dengan nilai rasio kontras yang tinggi, yang perlu diingat adalah semakin tinggi nilai rasio kontras yang dimiliki oleh sebuah televisi maka akan semakin baik kualitas gambar yang dapat ditampilkan oleh televisi tersebut.

Sebagai tambahan saja, televisi LED itu sendiri sebenarnya merupakan televisi dengan nilai rasio kontras yang paling tinggi di antara jenis televisi lain seperti televisi tabung atau CRT TV, Plasma TV dan LCD TV.

4. Refresh Rate
Source images : www.monitornerds.com
Selain rasio kontras, hal lainnya yang juga perlu diperhatikan adalah nilai refresh rate yang merupakan salah satu aspek penting untuk menunjang kinerja televisi anda agar mampu menampilkan gambar yang baik, jika nilai refresh rate dari televisi sangat rendah maka acara menonton akan menjadi kurang nyaman karena akan terganggu oleh aktivitas gambar yang tersendat-sendat disaat menonton dan hal ini juga kurang baik untuk kesehatan mata kita sebenarnya.

Oleh karenanya pastikanlah televisi yang anda beli tersebut memiliki nilai refresh rate yang tinggi, semakin tinggi nilainya maka akan semakin baik. Nilai refresh rate yang disarankan adalah kurang lebih minimal sebesar 60Hz dan jika memungkinkan silahkan cari yang lebih tinggi dari 60Hz agar acara menonton televisi anda menjadi lebih nyaman dan aman.

5. Resolusi Layar
Source images : www.walmart.com
Kemudian yang juga tak kalah pentingnya di dalam memilih sebuah televisi LED yang bagus serta juga berkualitas adalah mempertimbangkan juga masalah resolusi layarnya. Secara umum, ada beberapa jenis resolusi layar yang telah beredar dipasaran dan semua jenis tersebut dibedakan berdasarkan jumlah pixelnya, berikut ini beberapa jenis resolusi layar tersebut.

- HD / High Definition ( 1280 x 720 )
- FHD / Full HD ( 1920 x 1080 )
- QHD / Quad HD / 2K ( 2560 x 1440 )
- UHD / Ultra HD / 4K ( 3840 x 2160 )

Untuk mendapatkan tampilan gambar yang lebih padat atau tajam, paling tidak anda harus memilih jenis resolusi layar minimal Full HD atau juga bisa lebih tinggi lagi. Yang perlu diperhatikan adalah semakin tinggi resolusi layarnya maka akan semakin baik kualitas gambarnya, yang dimaksud kualitas gambar lebih baik disini adalah gambar yang ditampilkan akan terlihat lebih jelas dan padat atau dalam artian lain blur-nya akan lebih berkurang. Tentunya dengan berkurangnya blur maka acara menonton televisi akan lebih memuaskan.

6. Prioritaskan Garansi Produk
Source images : ahmedtsar.wordpress.com
Untuk televisi jenis LED, masalah garansi adalah hal yang perlu diutamakan karena meski tergolong jenis televisi yang awet namun televisi LED sendiri memiliki kekurangannya saat mengalami kerusakan, terutama jika terjadi kerusakan pada panel atau layarnya yang biaya perbaikannya sendiri bisa mencapai 90 persen dari harga televisinya, bahkan biaya ini hampir seperti membeli televisi baru. Oleh karena itulah, anda harus mengutamakan masalah garansi produk, pastikan bahwa perangkat televisi LED yang anda beli memiliki kartu garansi sehingga apabila kewaktu-waktu terjadi kerusakan maka anda tidak akan terbebani oleh biaya perbaikannya yang mahal.

Jika memungkinkan disarankan untuk memilih merk televisi LED yang memberikan usia garansi yang panjang. Salah satu merk televisi yaitu Polytron misalnya, brand satu ini bahkan berani memberi garansi selama 5 tahun untuk produk televisi LED ukuran 20 sampai 50 inch yang dikeluarkannya, garansi yang diberikan juga sudah termasuk panel atau layar, suku cadang, remote control serta juga ongkos reparasinya.

Oke cukup sekian dulu untuk artikel saya kali ini semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda yang berencana ingin membeli televisi LED. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "5 Hal ini Layak Anda Perhatikan Sebelum Membeli TV LED"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel