-->

Ingin Hemat Listrik? Kenali Dulu Perbandingan Watt Lampu Pijar, Halogen, Neon (CFL) Dan LED

Seperti yang kita tahu bahwa tarif dasar listrik saat ini terus mengalami kenaikan sehingga hal ini membuat berimbasnya tagihan listrik kita yang makin membengkak. 

Agar tagihan listrik tidak membengkak, kita harus bijak dalam menggunakan energi listrik serta melakukan beberapa upaya lainnya supaya tagihan listrik tetap terkendali.

Salah satu upaya yang bisa anda coba lakukan adalah dengan mengenali perbandingan besar nilai daya atau watt pada peralatan listrik di rumah anda, khususnya pada sistem penerangan rumah yakni lampu.

Jika kita amati, pemakaian lampu penerangan dalam rumah merupakan salah satu penyumbang terbesar dalam pemakaian energi listrik kita sehari-hari.

Oleh karena itulah, kita harus memilih lampu yang hemat energi. Yang dimaksud dengan lampu hemat energi disini adalah lampu dengan konsumsi energi listrik yang kecil namun tidak mengurangi kebutuhan cahaya yang kita butuhkan.

Nah, untuk itu pada artikel kali ini akan dibahas perbandingan watt dan intensitas cahaya pada berbagai lampu untuk mengetahui jenis lampu mana yang paling hemat energi listrik.

Berikut ini adalah contoh perbandingan watt dan intensitas cahaya (lumen) antara lampu pijar, lampu halogen, lampu neon (CFL) dan lampu LED.
Foto : www.easylighting.co.uk
Nah, pada tabel perbandingan diatas dapat disimpulkan bahwa lampu LED adalah yang paling hemat energi listrik, misalnya saja untuk mendapatkan intensitas cahaya 400 lumen lebih, maka yang diperlukan adalah lampu LED dengan daya 6W. 

Namun jika menggunakan lampu CFL kita memerlukan daya 9W atau jika menggunakan lampu halogen membutuhkan daya 28W dan bahkan jika menggunakan lampu pijar (standard) maka memerlukan daya sebesar 40W untuk menghasilkan cahaya yang sama tersebut.

Jika diurutkan berdasarkan tingkat kehematannya, tentunya lampu LED yang paling hemat energi untuk saat ini, kemudian disusul dengan lampu CFL, lampu halogen dan kemudian lampu pijar yang paling boros.

Memang sudah sewajarnya jika lampu pijar dan halogen sangat boros energi listrik, hal ini karena teknologi lampu ini tergolong jadul, berbeda dengan teknologi lampu CFL atau lampu LED yang merupakan teknologi lampu terbaru untuk saat ini.

Jadi, jika lampu penerangan dirumah anda masih menggunakan lampu pijar atau halogen maka beralih ke lampu CFL atau LED adalah pilihan yang tepat untuk menghemat biaya tagihan listrik di rumah.

Antara Lampu Neon (CFL) Dengan Lampu LED

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa lampu CFL juga merupakan teknologi lampu yang tergolong hemat energi listrik, meskipun masih lebih unggul tipis lampu LED dalam hal penghematan energi listrik, misalnya saja lampu CFL berdaya listrik 9W, cahaya yang dihasilkannya setara dengan lampu LED berdaya listrik sebesar 6W.

Dan jika dalam segi harganya lampu LED tergolong lebih mahal jika dibandingkan dengan lampu CFL. Namun meski demikian, apabila dihitung dalam penggunaan jangka panjang untuk konsumsi energi listriknya maka lampu LED akan lebih murah karena konsumsi energi listriknya yang lebih hemat dibanding lampu CFL.

Sesuai dengan harganya yang terbilang mahal tersebut, lampu LED memiliki kelebihannya tersendiri yakni pada usia pakainya yang lebih panjang (lebih awet) dibanding dengan lampu CFL.

Selain itu, lampu LED juga lebih aman, karena tidak mengandung merkuri seperti pada lampu CFL. Seperti yang kita tahu bahwa zat merkuri cukup berbahaya karena dapat menyebabkan pencemaran  lingkungan yakni pada lapisan ozon serta juga kurang aman bagi kesehatan tubuh manusia.

Jadi, bagaimana apakah anda tertarik untuk beralih ke lampu LED yang saat ini merupakan teknologi lampu penerangan terbaik? 

Jika memang tertarik, anda bisa memulai mengganti lampu konvensional anda dirumah satu demi satu ke lampu LED bagi anda yang memiliki budget yang terbatas.

Namun bagi anda yang sultan mungkin bisa langsung ganti semuanya ke lampu LED, hehe .. tapi semua itu tergantung pada anda sendiri mau mengganti atau tidak.
Artikel Terkait : Inilah 7 Alasan Penting Mengapa Anda Harus Beralih Ke Lampu LED
Oke cukup sekian dulu ya untuk artikel kali ini, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda dan terima kasih atas kunjungannya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Ingin Hemat Listrik? Kenali Dulu Perbandingan Watt Lampu Pijar, Halogen, Neon (CFL) Dan LED"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel