-->

Inilah 7 Alasan Penting Mengapa Anda Harus Beralih Ke Lampu LED

Lampu LED Philips foto : twitter.com
Sejak dulu kita selalu membutuhkan sebuah penerangan untuk menunjang aktivitas dalam sehari-hari, jauh sebelum adanya teknologi lampu, kita dulu telah memanfaatkan api untuk kebutuhan penerangan.

Dan setelah listrik ditemukan, tak lama kemudian lampu pijar yang merupakan teknologi lampu pertama kali di dunia juga berhasil ditemukan. Namun, seiring dengan kemajuan teknologi, lampu pijar pun mulai ditinggalkan karena adanya lampu neon yang dianggap lebih hemat energi listrik serta cahayanya yang tidak panas menjadikan lampu ini lebih diminati oleh kebanyakan orang.

Perkembangan teknologi lampu masih terus dikembangkan, hal ini karena teknologi lampu neon yang dirasa kurang ramah terhadap lingkungan serta kurang aman bagi kesehatan penggunanya.

Sehingga kemudian muncullah teknologi lampu baru yang lebih aman dan ramah lingkungan, lampu tersebut menggunakan teknologi L.E.D. Yup, seperti nama teknologi yang dipakai, lampu ini biasa kita sebut dengan nama lampu LED.

Yang lebih menghebohkan dari lampu LED ini adalah usia pakainya yang lebih awet dari jenis lampu lainnya, serta cahaya yang dihasilkannya juga lebih terang, dan masih banyak lagi keunggulan lainnya yang bisa anda jadikan pertimbangan untuk beralih ke lampu LED ini.

Inilah beberapa alasan penting mengapa anda harus beralih menggunakan lampu LED :

1. Teknologi Lampu LED Lebih Ramah Lingkungan

Berbeda dengan teknologi lampu neon yang mengandung merkuri, untuk teknologi lampu LED ini tidak mengandung merkuri, sehingga menggunakan lampu LED akan lebih aman dibandingkan menggunakan lampu neon.

Seperti yang kita ketahui bahwa kandungan merkuri berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia, dan juga kurang ramah terhadap lingkungan terutama pada lapisan ozon.

Bayangkan saja jika anda menggunakan lampu neon dan tabung lampu neon pecah, maka merkuri di dalamnya bisa terhirup oleh anda. Namun berbeda jika anda menggunakan lampu LED, disamping aman karena tidak mengandung merkuri, bahan yang digunakan lampu LED juga lebih tahan pecah.

2. Cahaya Lampu LED Tidak Mengandung Ultraviolet

Selain aman karena tidak mengandung zat merkuri di dalamnya, cahaya yang dihasilkan lampu LED juga lebih aman karena juga tidak mengandung sinar ultraviolet.

Sinar ultraviolet merupakan jenis sinar yang dapat merusak mata dan kulit jika terpapar sinar ini terlalu lama.

Meski efek ultraviolet tidak bisa secara langsung dirasakan, namun jika kita terpapar sinar ultraviolet setiap hari, maka lama kelamaan efeknya pasti akan terasa.

3. Cahaya Lampu LED Lebih Terang

Jika dibandingkan dengan jenis lampu lainnya, intensitas cahaya pada lampu LED lebih unggul, misalnya perbandingan intensitas cahaya yakni lampu pijar sekitar 15 lumens/watt, sedangkan untuk lampu neon sekitar 67 lumen/watt, maka untuk lampu LED bisa mencapai sekitar 70-100 lumen/watt.

Disini lumen adalah banyaknya cahaya yang dihasilkan dalam satuan watt, semakin besar nilai lumen pada lampu, maka akan semakin terang pula cahaya yang dihasilkan oleh lampu tersebut.

Jadi, dengan nilai lumen lampu LED yang lebih tinggi dari lampu jenis lainnya, maka cahaya yang dihasilkan lampu LED juga akan lebih terang dari lampu jenis lainnya.

4. Lampu LED Lebih Hemat Energi Listrik

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa intensitas cahaya/nilai lumen lampu LED adalah yang paling tinggi, tentunya hal ini juga berpengaruh pada pemakaian energi listrik kita.

Misalnya saja jika kita menggunakan lampu pijar untuk menerangi seluruh ruangan maka kita akan membutuhkan lampu pijar berdaya 40W, namun jika kita menggunakan lampu LED, kita cukup menggunakan lampu LED dengan daya 6W untuk menerangi seluruh ruangan tersebut.

Jadi jika kita menggunakan lampu LED maka konsumsi energi listriknya akan lebih sedikit, sehingga biaya tagihan listrik akan turun. Bayangkan saja jika kita menggunakan lampu LED ini dalam jangka panjang, maka kita bisa menyisihkan sebagian pengeluaran tersebut untuk kebutuhan lainnya.

5. Usia Pakai Lampu LED Lebih Panjang

Kelebihan lain dari lampu LED yang tak kalah pentingnya adalah pada usia pakainya. Jika kita bandingkan dengan usia pakai lampu pijar yang rata-rata hanya mampu bertahan selama 4 bulan, atau untuk lampu neon rata-rata sekitar 5-7 tahun, namun untuk lampu LED ini bahkan mampu bertahan selama 8-15 tahun.

Meskipun dalam segi harganya lampu LED ini terbilang lebih mahal, namun dengan usia pakai yang lebih panjang tersebut akan menjadi nilai tambah tersendiri. Artinya kita masih bisa mempertimbangkan untuk membeli lampu LED ini.

Bayangkan saja jika kita membeli lampu LED ini hanya sekali saja, dan lampu LED tersebut mampu bertahan selama 15 tahun. Maka dalam 15 tahun tersebut kita tidak perlu repot-repot untuk membeli lampu lagi atau gonta-ganti lampu.

6. Temperatur Kerja Lampu LED Tidak Panas

Apabila anda pernah menggunakan lampu pijar tentunya anda akan dapat membedakannya. Efek panas akan dapat anda rasakan saat lampu pijar tersebut dinyalakan, efek panas ini disebabkan karena temperatur kerja lampu pijar yang panas.

Namun rasa panas tersebut tidak akan anda rasakan jika menggunakan lampu LED, karena lampu LED memiliki temperatur kerja yang dingin, sehingga tidak akan membuat ruangan anda menjadi lebih panas.

7. Bohlam Lampu LED Lebih Tahan Pecah

Mungkin anda sudah pernah mengalami, yang dimana bohlam lampu anda pecah akibat jatuh atau karena benturan dengan benda lainnya. Kasus pecahnya bohlam lampu ini biasa terjadi pada jenis lampu pijar ataupun lampu neon yang berbahan kaca.

Pada lampu LED, kasus pecahnya bohlam lampu ini jarang terjadi. Hal ini karena bohlam lampu LED yang terbuat dari bahan yang lebih tahan pecah.

Jadi, itulah keunggulan lampu LED yang dapat dijadikan alasan untuk beralih menggunakannya.

Meski dalam segi harga lampu LED ini lebih mahal dari lampu jenis lainnya. Namun seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa jika kita menggunakan lampu LED dalam jangka panjang dengan keunggulan pada konsumsi energi listriknya yang lebih hemat tersebut, maka kita dapat menyimpulkan bahwa ternyata lampu LED ini jauh lebih murah.

Mungkin cukup sekian dulu untuk artikel kali ini dan semoga bisa bermanfaat bagi anda.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Inilah 7 Alasan Penting Mengapa Anda Harus Beralih Ke Lampu LED"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel