-->

Yuk, Ketahui Bedanya Rice Cooker, Magic Jar Dan Magic Com

Foto : thewirecutter.com
Istilah rice cooker, magic jar ataupun magic com telah dikenal oleh masyarakat indonesia, nama-nama tersebut tentunya sudah tidak asing didengar oleh telinga kita. Yup, itu adalah salah satu produk peralatan rumah tangga listrik yang biasa digunakan oleh ibu-ibu dirumah untuk menanak nasi atau menghangatkan nasi.

Meski sama-sama peralatan dapur yang dapat digunakan untuk menanak nasi atau menghangatkan nasi, namun sebenarnya rice cooker, magic jar dan magic com memiliki perbedaan, dan pada kenyataannya banyak orang yang salah kaprah dalam membedakannya. Secara bentuk dan cara kerjanya memang agak sama, sehingga banyak orang yang salah membedakannya.

Lalu apa saja bedanya diantara ketiga alat ini?
Oke, untuk mengenali perbedaannya, silahkan simak pada uraian dibawah.

Rice Cooker
Foto : philips.co.id
Rice cooker seperti artinya dalam bahasa indonesia yang berarti penanak nasi. Rice cooker merupakan produk penanak nasi yang paling pertama dikenal dipasaran, tepatnya sebelum dikeluarkannya produk magic jar dan magic com. Fungsi rice cooker pada saat pertama kali diproduksi adalah sebagai alat untuk memasak atau menanak nasi saja.

Meski pada awalnya rice cooker diciptakan, alat ini hanya difungsikan untuk sekedar memasak atau menanak nasi saja, namun seiring dengan perkembangan zaman, rice cooker saat ini telah dikembangkan lagi sehingga dapat digunakan untuk menanak sekaligus menghangatkan nasi.

Jadi, jika ada beberapa orang yang memiliki anggapan bahwa rice cooker hanya bisa digunakan untuk menanak nasi, maka anggapan tersebut belum sepenuhnya tepat, karena mengingat untuk saat ini produk rice cooker telah dilengkapi dengan fitur atau fungsi tambahan lainnya selain bisa untuk menanak nasi.

Atau ada juga anggapan lain seperti bahan lapisan panci pada rice cooker tidak anti lengket, sedangkan panci yang ada pada magic com terbuat dari bahan lapisan yang anti lengket, namun anggapan ini juga belum sepenuhnya tepat karena untuk saat ini produk dari rice cooker telah dikembangkan pada bagian lapisan pancinya yang anti lengket.

Magic Jar
Foto : tokopedia.com
Magic jar merupakan evolusi dari rice cooker, peralatan listrik satu ini hanya berfungsi untuk menghangatkan nasi atau menjaga nasi agar tetap hangat (fitur keep warm).

Saat rice cooker pertama kali diproduksi dipasaran fungsinya hanya ditujukan untuk sekedar dapat menanak nasi saja, rice cooker saat itu masih belum bisa digunakan untuk menghangatkan nasi atau makanan lainnya, sehingga terciptalah sebuah peralatan listrik baru yang dikhususkan untuk menjaga nasi atau makanan lainnya agar tetap hangat, peralatan listrik tersebut adalah magic jar yang merupakan evolusi dari rice cooker itu sendiri.

Jadi, saat rice cooker yang dulunya fungsinya hanya sekedar dapat memasak nasi, dan masih belum dikembangkan untuk dapat digunakan menghangatkan nasi seperti rice cooker saat ini, sehingga diciptakanlah magic jar untuk mengambil peran sebagai penghangat nasi dan makanan lainnya.

Magic Com
Foto : yongmasale.com
Seiring dengan perkembangan zaman, peralatan penanak nasi pun mengalami perkembangan yang sangat pesat, seperti halnya magic com ini yang merupakan evolusi terlengkap dari sebuah peralatan penanak nasi. Jika rice cooker yang dulunya hanya berfungsi untuk menanak nasi, sedangkan untuk magic jar juga hanya dapat digunakan untuk menghangatkan nasi, maka magic com adalah gabungan dari keduanya.

Jadi magic com dapat digunakan untuk memasak atau menanak nasi, menghangatkan nasi, sayur serta lauk pauk, mengukus, merebus, bahkan ada juga yang dapat digunakan untuk membuat kue.

Magic com yang sejak awal pertama kali diproduksi alat ini sudah memiliki berbagai fungsi selain untuk memasak atau menanak nasi, berbeda dengan rice cooker yang dulu awalnya hanya bisa digunakan untuk menanak nasi atau magic jar yang fungsinya hanya sekedar untuk menghangatkan nasi.

Lalu, Apa Bedanya Rice Cooker Dengan Magic Com?

Seperti yang telah kita ketahui bahwa fungsi rice cooker saat ini sama dengan magic com yakni sama-sama dapat digunakan menanak sekaligus menghangatkan nasi.

Namun meskipun demikian, masih ada lagi perbedaan lainnya seperti saat menghangatkan nasi, jika rice cooker dapat menghangatkan nasi dalam waktu 24 jam, maka berbeda dengan magic com yang dapat menjaga nasi tetap hangat dalam waktu yang lebih lama yaitu sekitar 48 jam.

Selain itu, magic com juga lebih canggih jika dibandingkan dengan rice cooker, hal ini karena magic com memiliki fitur atau fungsi tambahan lainnya yang tidak dimiliki rice cooker. Dengan demikian maka tak heran jika harga dari magic com relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan rice cooker.

Itulah sekilas penjelasan mengenai perbedaan antara rice cooker, magic jar dan magic com. Mungkin sekian dulu untuk artikel ini dan semoga bisa bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Yuk, Ketahui Bedanya Rice Cooker, Magic Jar Dan Magic Com"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel