-->

10 Olahan Makanan Ini Bisa Anda Buat Hanya Dengan Modal Rice Cooker

Kita biasa bergantung pada rice cooker untuk melakukan aktivitas hanya sekedar memasak nasi atau menghangatkan nasi, akan tetapi perlu anda ketahui bahwa sebenarnya rice cooker juga dapat anda gunakan untuk membuat berbagai olahan makanan lainnya.

Dalam kasus anak kos-kosan saja, mereka biasa menggunakan rice cooker untuk memasak mie instan, hal ini karena keterbatasan peralatan yang ada, jadi mereka menggunakan rice cooker sebagai pengganti kompor gas.

Menggunakan rice cooker juga merupakan sebuah solusi bagi anda yang ingin memasak sesuatu disaat kompor gas yang anda dimiliki sedang rusak atau karena sesuatu hal lainnya sehingga mengharuskan memasak dengan cara lain.

Nah, berikut ini adalah beberapa olahan makanan yang bisa anda buat dengan bermodalkan rice cooker.

10 Olahan Makanan Dengan Modal Rice Cooker

1. Mie Instan
Foto : bali.tribunnews.com
Mie instan dapat anda masak meski hanya menggunakan rice cooker, bahkan memasak mie instan dengan rice cooker sering dipraktekkan oleh anak kos-kosan pada umumnya seakan-akan hal ini sudah menjadi kebiasaan mereka, memang sudah tidak perlu diragukan lagi bahwa memasak mie instan itu memang bisa dilakukan dengan rice cooker.

Cara memasaknya pun sama halnya seperti saat memasak menggunakan kompor, anda cukup merebus air hingga mendidih, pastikan posisi rice cooker anda dalam mode "cook", masukkan mie instan dan bumbunya tunggu hingga matang dan mie instan pun siap disajikan.

2. Nasi Goreng
Foto : makassar.tribunnews.com
Siapa bilang membuat nasi goreng tidak bisa dilakukan dengan rice cooker, meski hanya menggunakan rice cooker anda bisa juga memasak nasi goreng yang lezat, tanpa perlu kompor ataupun wajan penggorengan.

Cara membuat nasi goreng di dalam wadah panci rice cooker cukup sederhana dilakukan anda tinggal menyiapkan nasi putih, lalu untuk bumbunya anda bisa membeli bumbu instan di toko-toko atau bisa juga dengan membuatnya sendiri dengan bawang putih, garam, merica, dan sedikit kecap dan saus.

Langkah membuatnya pertama atur posisi tombol ke mode "cook" masukkan minyak kemudian tambahkan telur dengan diorak-arik, lanjutkan dengan memasukkan bumbunya terlebih dulu kemudian nasinya, setelah semua bahan dimasukkan lalu aduk biar merata kemudian tunggu hingga matang sehingga nasi goreng pun siap disajikan.

3. Nasi Kuning
Foto : youtube.com
Selain nasi goreng, memasak nasi kuning pun bisa juga dilakukan dengan rice cooker dan cara membuatnya seperti saat kita memasak nasi putih pada umumnya, hanya saja untuk nasi kuning ini ada beberapa tambahan bumbunya.

Langkah membuatnya yaitu, pertama siapkan beras secukupnya serta bumbu-bumbu untuk membuat nasi kuning seperti kunyit, air santan, jahe, daun salam, daun jeruk, serai yang digeprek, garam secukupnya, bawang merah, bawang putih dan kemiri yang dihaluskan.

Kemudian masukkan beras terlebih dulu ke dalam panci, masukkan juga bumbu-bumbunya dan tambahkan air secukupnya setelah itu aduk-aduk hingga merata dan masak dengan memposisikan tombol rice cooker ke mode "cook" tunggu sampai matang dan nasi kuning pun siap untuk disajikan.

4. Bubur Ayam
Foto : www.inspiradata.com
Ingin membuat bubur ayam, jangan kawatir karena anda masih bisa membuat bubur ayam meski hanya menggunakan rice cooker.

Cara membuatnya juga sama seperti saat memasak nasi, yang membedakan adalah takaran airnya saja. Jika ingin membuat bubur maka gunakan perbandingan antara beras dengan air 1 : 4 maksudnya jika anda memasak 1 gelas beras maka air yang digunakan adalah 4 gelas dengan wadah takaran yang sama.

Masak bubur dengan menerapkan takaran perbandingan beras dengan air seperti diatas dan jika ingin bubur lebih lezat dan gurih, anda dapat menambahkan sedikit taburan garam ketika memasaknya, setelah bubur matang sajikan dengan suwiran ayam goreng, bawang goreng, kecap dan kerupuk atau bahan lainnya yang sesuai keinginan dan kesukaan anda.

5. Olahan Telur 
Foto : manfaatmu.blogspot.com
Berbagai olahan telur juga dapat dimasak dengan rice cooker, cara memasaknya pun sangat sederhana, anda tinggal mengatur posisi rice cooker ke mode "cook", lalu masukkan minyak goreng ke wadah panci kemudian masukkan telurnya, bebas mau diceplok atau didadar terserah anda.

Namun, untuk membuat telur rebus prosesnya akan sedikit berbeda, perbedaannya adalah jika membuat telur rebus anda tentunya tidak perlu mengupas kulitnya serta memasaknya juga menggunakan air mendidih bukan minyak goreng.

6. Membuat Berbagai Olahan Sup
Foto : www.awesomecuisine.com
Berbagai olahan sup juga bisa anda buat menggunakan rice cooker, cara memasaknya seperti halnya menggunakan kompor. Anda cukup rebus air hingga mendidih menggunakan rice cooker dengan mode "cook" dan kemudian tinggal memasukkan bahan-bahan dan bumbu sup yang ingin anda buat dan sup pun siap disajikan.

7. Merebus Ubi
Foto : cookpad.com
Merebus ubi tidak selalu harus dilakukan menggunakan kompor, karena anda juga dapat merebus ubi dengan menggunakan rice cooker, caranya merebusnya sangat sederhana anda hanya tinggal mengisi panci dengan air kemudian masukkan ubinya kemudian posisikan rice cooker dengan mode "cook" tunggu hingga matang dan ubi rebus pun siap dinikmati.

8. Jelly Dan Agar-agar
Foto : www.agrinho.com.br
Tak hanya sarapan saja yang bisa anda buat dengan rice cooker, karena anda dapat juga membuat jajanan seperti jelly dan agar-agar.

Caranya seperti saat menggunakan kompor yaitu pertama campurkan bubuk jelly atau agar-agar dengan takaran air sebanyak 3 gelas air ke dalam wadah panci rice cooker, lalu tambahkan juga gula pasir secukupnya, setelah itu aduk hingga merata pastikan adonan tidak menggumpal.

Gunakan mode "cook" saat memasak, setelah larutan mendidih jangan langsung dituang ke cetakan, tunggu beberapa saat hingga larutannya sedikit lebih dingin. Setelah lebih dingin tuangkan larutan ke dalam cetakan dan masukkan ke dalam lemari es jika ingin lebih cepat dingin dan jelly atau agar-agar pun siap disajikan.

9. Pasta
Foto : lifeasaculinarygirl.wordpress.com
Rice cooker juga bisa digunakan untuk membuat pasta, caranya yaitu dengan merebus pasta dengan air mendidih, lalu kemudian ditambahkan sedikit garam serta margarin secukupnya supaya pasta tidak lengket.

Rebus pastanya selama 8 menit hingga pasta matang namun perlu diperhatikan juga jangan sampai lembek, setelah matang angkat lalu kemudian tiriskan. Untuk sausnya anda bisa membeli saus siap saji yang ada di toko atau pasar, jika tidak ingin kerepotan membuatnya.

10. Pancake
Foto : chocolatecoveredkatie.com
Meski bermodalkan rice cooker anda juga bisa membuat kue, salah satunya adalah kue pancake. Untuk membuatnya anda tak perlu menyiapkan bahan atau alat yang banyak, cukup anda siapkan saja adonan kue instan yang bisa didapatkan dari toko atau pasar serta beberapa bahan lain yang tertulis di boks adonan tersebut.

Jika bahan diatas sudah anda sediakan, maka langkah membuatnya yaitu pertama
campurkan semua bahan kemudian aduk-aduk sampai merata, jika semuanya sudah tercampur maka selanjutnya mulai saja proses memasak dengan mengatur posisi rice cooker ke mode " cook" kemudian tutup rice cooker dan tunggu sekitar 40-45 menit hingga matang dan pancake anda pun siap dinikmati.

Jadi, tak perlu kawatir saat ingin memasak sesuatu seperti diatas, meskipun tidak menggunakan kompor selama anda punya rice cooker maka dalam membuat olahan makanan seperti diatas bukanlah hal yang mustahil.

Saat menggunakan rice cooker anda juga harus memperhatikan beberapa hal penting, seperti jangan menggunakan spatula dari benda tajam atau kasar agar tidak merusak lapisan anti lengket di panci rice cooker anda.

Baiklah mungkin cukup sekian dulu untuk artikel saya kali ini semoga apa yang saya bagikan bisa bermanfaat bagi anda semua.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "10 Olahan Makanan Ini Bisa Anda Buat Hanya Dengan Modal Rice Cooker"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel