-->

Yuk, Kenali Berbagai Macam Jenis TV Yang Beredar Di Pasaran

Jika bicara soal jenis-jenis televisi maka bisa dibilang jenisnya cukup banyak, bahkan kini telah hadir beberapa model televisi dengan teknologi yang semakin modern, jika kita amati memang dari dulu teknologi televisi telah mengalami beberapa kali perkembangan dan salah satu contoh perkembangan yang paling mencolok ialah pada bentuk televisi tersebut.

Selain dari segi bentuk, kualitas gambar juga mengalami perkembangan yang bisa dibilang sangat pesat untuk saat ini, hal ini karena teknologi televisi yang lebih modern saat ini sudah bisa menampilkan gambar yang berkualitas dengan resolusi layar yang tinggi.

Bahkan teknologi televisi saat ini juga telah dilengkapi dengan berbagai fitur menarik dan canggih contohnya seperti teknologi Smart TV yang memungkinkan anda untuk dapat terhubung ke internet, sehingga anda dapat menonton video di youtube, bermain di sosial media seperti facebook dan masih banyak lagi hal lainnya.

Berikut adalah berbagai macam jenis televisi yang umum beredar di pasaran, yuk kenali satu persatu agar anda tahu perbedaannya.

Berbagai Macam Jenis TV Yang Beredar Di Pasaran

1. TV Tabung


Foto : joshuafinnell.com
TV Tabung atau juga bisa dikenal dengan sebutan CRT TV atau Cathode Ray Tube Television, merupakan model televisi yang pertama di dunia, televisi ini juga telah menjadi cikal-bakal dari ditemukannya teknologi televisi baru seperti TV Plasma, TV LCD dan TV LED.

TV Tabung dapat menampilkan gambar karena adanya pancaran elektron dari proyektor di belakang tabung dan bagian tabungnya sendiri digunakan sebagai tempat proyeksi atau tempat menampilkan gambar yang dihasilkan oleh proyektor.

Untuk saat ini jenis TV Tabung sudah jarang dikeluarkan, hal ini karena diakibatkan oleh kemunculan televisi jenis baru yang bentuknya lebih tipis (slim). Pada kenyataannya memang TV Tabung saat ini kurang populer di kalangan masyarakat pada umumnya.

TV Tabung juga memiliki keunggulan seperti halnya pada segi harganya yang relatif murah bahkan bisa dikatakan yang paling murah jika dibandingkan dengan televisi jenis lainnya, dan keunggulan lainnya dari jenis televisi ini adalah lebih tahan lama atau lebih awet.

Lalu untuk kelemahan sendiri TV Tabung memerlukan daya listrik yang besar, lebih boros jika dibandingkan dengan jenis televisi lainnya. Selain itu, ukuran televisi jenis tabung ini tergolong besar (makan banyak tempat) serta juga berat, sehingga kurang nyaman jika ditempatkan di atas tak seperti pada televisi layar datar yang umumnya sangat tipis dan ringan.

2. TV Plasma
Foto : www.techhive.com
TV Plasma atau PDP (Plasma Display Panel), merupakan perkembangan teknologi televisi layar datar (slim) pertama yang dijual dengan harga yang terjangkau, saat pertama kali dikeluarkan di pasaran televisi ini banyak diminati karena bentuknya yang ramping tersebut.

TV Plasma menggunakan sel plasma berupa lampu fluorescent sebagai pencahayaan pada bagian layar televisi tersebut.

Televisi jenis ini memanfaatkan jutaan sel plasma yang diletakkan diantara dua panel layar kaca, dan pada setiap sel plasma tersebut berisi kombinasi gas noble dan mercury yang diuapkan dan diberi aliran listrik sehingga mampu menghasilkan cahaya berwarna.

Cahaya warna dari TV Plasma itu sendiri dihasilkan dari phosphor yang ada pada sel tersebut. Di dalam setiap sel berisi phosphor dengan 3 jenis warna utama, yakni merah, hijau, dan biru atau yang biasa dikenal dengan istilah RGB.

Untuk keunggulannya sendiri TV Plasma menawarkan harga yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan TV LCD dan TV LED, namun masih sedikit lebih mahal dibandingkan TV Tabung, dan keunggulan lainnya adalah lebih tahan lama atau lebih awet seperti halnya TV Tabung.

Dan disamping itu, kelemahan TV Plasma adalah kualitas gambar yang dihasilkannya kurang baik dan daya listrik yang juga lebih boros jika dibandingkan dengan jenis TV LCD dan TV LED.

3. TV LCD
Foto : www.indiamart.com
TV LCD merupakan televisi layar datar yang memanfaatkan teknologi Liquid Crystal Display, teknologi ini juga biasa digunakan pada layar komputer.

Liquid Crystal Display merupakan sebuah panel yang dapat memblokir atau memberi jalan supaya cahaya dapat melewatinya. Warna dan transparansinya dapat diatur dengan menambah atau mengurangi arus listriknya. Untuk dapat menghasilkan gambar kristal LCD memerlukan serangkaian lampu teknologi CCFLs (cold cathode fluorescent lamps) pada bagian belakang layar, dengan cahaya eksternal dari lampu tersebut maka gambar pada layar dapat ditampilkan.

TV jenis LCD memiliki beberapa keunggulan diantaranya yaitu, daya listrik yang dipakai lebih kecil sehingga lebih hemat jika dibandingkan dengan TV Tabung dan TV Plasma, kualitas gambar dan ketajaman warnanya tergolong lebih baik daripada TV Tabung dan TV Plasma.

Kelemahan TV jenis LCD adalah harganya yang relatif lebih mahal dibandingkan dengan TV Tabung dan TV Plasma.

4. TV LED
Foto : www.sunny.com.tr
TV LED merupakan salah satu dari perkembangan teknologi TV yang pada dasarnya mengadopsi sistem teknologi dari LCD TV, teknologi yang digunakan oleh jenis TV LED ini sama dengan TV LCD, bedanya hanyalah jika pada TV LCD akan menggunakan lampu fluorescent untuk cahaya latar belakangnya (backlight), Maka pada TV LED backlight atau cahaya latar belakangnya akan menggunakan lampu LED (Light Emitting Diodes).

Apabila dibandingkan dengan lampu fluorescent, lampu LED jelas lebih unggul karena lampu LED lebih hemat energi serta temperatur kerjanya juga lebih adem atau dingin, untuk ukuran lampu LED juga lebih kecil dan juga ringan sehingga ukuran serta berat TV LED bisa dibuat setipis dan seringan mungkin.

Sesuai dengan keunggulan lampu latar belakangnya (backlight) yaitu dengan lampu LED tersebut, TV jenis LED ini mampu menghasilkan gambar dengan kecerahan (brightness) dan contrast yang lebih baik secara tingkat kehitaman lebih dalam.

Selain itu, jika dibandingkan dengan teknologi pada TV LCD, televisi dengan teknologi LED ini terbilang lebih hemat energi, karena mampu menghemat energi sebesar 40 persen. Tak hanya itu, keunggulan lainnya dari teknologi ini adalah lebih ramah lingkungan karena tidak mengandung merkuri seperti halnya pada lampu backlight TV LCD. Untuk kelemahannya sendiri mungkin dari segi harganya yang relatif lebih mahal.

5. TV OLED
Foto : www.lg.com
TV OLED (Organic Light Emitting Diode) merupakan perkembangan dari TV LED, TV OLED menggunakan bahan semacam senyawa organik karbon untuk dapat menghasilkan cahaya ketika arus listrik mengalir. OLED TV tidak memerlukan cahaya latar belakang (backlight) untuk mengeluarkan gambar, seperti halnya pada TV LED atau TV LCD, oleh karenanya TV OLED bentuknya lebih tipis dan fleksibel.

Karena mampu menghasilkan cahaya sendiri untuk menampilkan gambar, kinerja dari TV OLED ini hampir sama dengan TV Plasma. Dalam perkembangannya sendiri, teknologi OLED untuk TV kini bekerja aktif hingga disebut sebagai AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) yang sebenarnya pada awalnya, teknologi tersebut didesain untuk kebutuhan layar gadget. Namun karena perkembangan teknologi, sehingga sekarang juga diaplikasikan untuk televisi.

Sesuai dengan teknologi yang dipakainya, TV dengan teknologi OLED memiliki desain yang paling tipis serta juga fleksibel di antara teknologi TV modern lainnya.

Jika TV jenis LED saja diklaim hemat energi listrik, maka begitu juga dengan TV OLED yang mampu menghemat energi dan bahkan lebih hemat lagi karena dapat menghasilkan cahayanya sendiri.

TV OLED ini memiliki keunggulannya tersendiri, yaitu dapat memancarkan warna yang lebih realistis secara konsisten sehingga kamu bisa menonton TV dari sudut ruangan mana pun secara nyaman.

6. TV UHD
Foto : www.samsung.com
Jika bicara soal TV UHD, maka seperti namanya "UHD" jenis televisi ini lebih berkaitan pada kualitas resolusi layar yang disematkan pada televisi modern tersebut.

UHD atau Ultra-High Definition merupakan istilah yang digunakan untuk standard televisi dengan resolusi layar sebesar 3840 x 2160, dengan kualitas layar UHD pada televisi, maka kita dapat menikmati acara TV, film ataupun video dengan kualitas gambar yang ditampilkan pada layar TV serasa seperti nyata seakan-akan melihat dengan mata kepala sendiri.

7. Smart TV
Foto : www.walmart.ca
Tak hanya ponsel saja yang dilabeli dengan istilah kata "smart", karena teknologi televisi yang semakin berkembang, maka kini kita juga mengenal yang namanya Smart TV. Kata smart untuk televisi ini sendiri dapat kita artikan sebagai teknologi televisi yang lebih canggih dan dapat mengerjakan beberapa tugas lainnya.

Lebih jelasnya Smart TV adalah jenis televisi yang mampu berinteraksi dengan internet, sehingga memungkinkan kita untuk dapat mengakses layanan online seperti video streaming pada youtube, sosial media dan beberapa akses internet lainnya. Di beberapa Smart TV yang beredar dipasaran juga ada yang telah dilengkapi dengan web browser yang memungkinkannya untuk dapat mengakses website secara langsung.

Tentunya jika ingin mengakses layanan online pada fitur yang ditawarkan oleh Smart TV tersebut kita akan memerlukan koneksi internet. Kebanyakan dari Smart TV biasanya akan memiliki Ethernet port dibelakang TV untuk tempat anda mencolokkan kabel dari router rumah dan beberapa tipe Smart TV yang lebih canggih ada yang bisa mengakses Wi-Fi.

Teknologi dari Smart TV memang telah mengadopsi teknologi dari gadget kekinian, sehingga tidak heran kalau fitur-fiturnya seperti layaknya sebuah smartphone ataupun tablet.

Sama seperti smartphone, Smart TV juga bisa mewadahi segala kebutuhan kita. Smart TV dapat mengerjakan multitugas dalam satu waktu yang sama. Bahkan, kamu bisa menonton saluran TV sekaligus menelusuri internet.

Sesuai dengan fitur-fitur yang ditawarkan, untuk harganya Smart TV tentu lebih mahal.

Itulah beberapa jenis televisi yang kini telah hadir di pasaran, mungkin artikel ini akan sangat bermanfaat bagi anda yang berencana membeli sebuah televisi baru.

Bagi anda yang berencana ingin membeli televisi, artikel di bawah ini adalah beberapa tips memilih televisi yang bisa anda baca sebelum membeli televisi baru.

Artikel Terkait : artikel segera dibuat 

Oke cukup sekian dulu untuk artikel saya kali ini semoga apa yang saya bagikan bisa bermanfaat bagi anda semua selaku pengunjung blog ini, khususnya bagi anda yang berencana ingin membeli sebuah televisi baru.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Yuk, Kenali Berbagai Macam Jenis TV Yang Beredar Di Pasaran"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel