-->

Tips Memilih TV Yang Bagus Serta Yang Sesuai Dengan Keinginan Anda

Bagi sebagian orang fungsi sebuah televisi merupakan suatu kebutuhan yang amat diperlukan, selain sebagai media mencari informasi maupun berita, fungsi lain dari media elektronik yang satu ini juga sebagai sarana hiburan untuk sekedar melepas kebosanan.

Seperti yang kita tahu bahwa terdapat berbagai macam jenis televisi yang kini telah hadir di pasaran, berbagai televisi tersebut sangatlah beragam, baik dari segi teknologi, ukuran, bentuk, daya listrik yang dipakai, fitur-fitur yang ditawarkan dan lain-lain.

Bagi anda yang sedang mencari sebuah televisi baru, maka akan sangat penting untuk mengetahui beberapa hal penting lainnya yang nantinya akan digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam memilih sebuah televisi baru, karena jika tanpa pertimbangan sebelum membeli bisa-bisa nanti televisi yang anda beli tidak sesuai dengan harapan atau keinginan anda masing-masing.

Untuk itu, mungkin ada baiknya jika anda membaca ulasan saya berikut ini tentang beberapa tips memilih televisi baru yang bagus serta juga sesuai keinginan.

Berikut Ini Tips Memilih TV Yang Bagus Serta Yang Sesuai Dengan Keinginan Anda

1. Sebelum Membeli Kenali Terlebih Dahulu Berbagai Macam Jenis TV Yang Beredar Dipasaran
Foto : holiczone.wordpress.com
Langkah pertama yang perlu dilakukan dalam memilih sebuah televisi adalah mengenali terlebih dahulu berbagai macam jenis televisi yang beredar di pasaran.

Seperti yang kita tahu bahwa terdapat berbagai macam jenis televisi yang beredar di pasaran, seperti TV Tabung, TV Plasma, LCD TV, LED TV, OLED TV, UHD TV atau bahkan Smart TV. Berbagai macam jenis TV tersebut memiliki kelebihan serta kekurangannya tersendiri, misalnya TV Tabung yang usia pakainya lebih lama atau awet dengan harga jualnya yang terjangkau, namun untuk pemakaian energi listriknya sangat boros.

Atau TV LED yang lebih unggul dalam menghemat energi listrik serta dengan kualitas tampilan gambar serta warna yang bagus, namun harganya sendiri masih terbilang mahal untuk saat ini.

Lalu juga ada Smart TV yang menawarkan fitur-fitur canggih seperti dapat terhubung dengan jaringan internet sehingga dapat digunakan untuk mengakses layanan internet secara online, semisal digunakan untuk nonton video di youtube, bermain di sosial media seperti facebook dan lain-lain.

Untuk lebih jelasnya silahkan simak artikel saya yang lainnya mengenai berbagai macam jenis televisi diatas pada link dibawah ini.
Artikel Terkait : Yuk, Kenali Berbagai Macam Jenis TV Yang Beredar Di Pasaran
2. Sesuaikan Ukuran Televisi Yang Anda Inginkan
Foto : m.merdeka.com
Tentunya akan ada banyak pilihan ukuran disaat membeli televisi, untuk ukuran televisinya anda bisa menyesuaikannya sendiri dengan kebutuhan ataupun keinginan. Akan tetapi, lebih disarankan untuk memilih ukuran televisi yang ideal untuk dipasang di ruangan anda nanti, karena jika tidak, hal ini bisa memungkinkan akan menyebabkan ketidaknyamanan disaat sedang menonton televisi.

Misalnya jika ukuran televisi terlalu kecil ataupun kebesaran ini akan membuat mata kita menjadi tidak nyaman. Jadi, lakukan penyesuaian ukuran televisi dengan ruangan anda.

Ukuran televisi yang disarankan adalah sepertiga (1/3) dari jarak anda duduk menonton, misalnya jika ruangan anda berukuran 3x3 meter dengan jarak antara tempat anda duduk menonton televisi sekitar 3 meter, maka ukuran televisi yang ideal adalah : 1/3 x 3 meter = 1 meter atau 39,3 inch kita dibulatkan menjadi 40 inch.

Jadi, lebih disarankan untuk memilih ukuran televisi maksimal 40 inch untuk ruangan tersebut.

3. Pilihlah Merk Televisi Yang Populer
Foto : www.click.in
Setiap merk memiliki nilai tersendiri bagi para konsumennya dan produk televisi dengan merk yang terbaik, tentunya memiliki penilaian yang baik pula di mata para konsumennya dan bahkan tak jarang bagi konsumen yang puas, mereka akan merekomendasikan merk televisi tersebut kepada orang lain.

Jadi, intinya kita juga bisa mengetahui kualitas sebuah merk televisi dari tingkat kepopulerannya, kita bisa menanyakan pengalaman serta pendapat orang lain mengenai merk televisi yang dipergunakannya tersebut.

Selain itu, kita juga bisa saling sharing dalam mengatasi masalah apabila sewaktu-waktu terjadi kerusakan ataupun jika ada kesulitan kita juga akan lebih mudah dalam mengatasinya dengan meminta bantuan kepada orang lain.

4. Pilih TV Yang Dilengkapi Koneksi Lubang Port USB, HDMI Dan Lainnya
Foto : www.lg.com
Televisi saat ini sudah semakin canggih karena telah dilengkapi dengan beberapa lubang port yang bisa difungsikan untuk berbagai macam kebutuhan, misalnya saja dengan adanya lubang port USB, maka kita dapat memanfaatkannya untuk menonton musik maupun video dengan cara menancapkan flashdisk ke lubang port koneksi USB yang ada pada televisi tersebut.

Atau dengan adanya lubang port koneksi HDMI yang juga dapat digunakan untuk menampilkan gambar dari perangkat lain seperti komputer/laptop atau bahkan hp dengan televisi sebagai monitornya, versi lubang port HDMI ini merupakan koneksi terbaru yang lebih unggul jika dibanding dengan koneksi lain seperti I/O RCA (port AV/Audio Video) yang juga bisa untuk menampilkan gambar. Koneksi HDMI lebih unggul dengan kualitas gambar serta suara yang dihasilkan.

Selain sebagai koneksi untuk menampilkan gambar visual video dari perangkat lain ke televisi, HDMI juga dapat digunakan untuk kebutuhan lainnya, kita bahkan dapat mengubah televisi kita yang biasa menjadi Smart TV dengan bantuan perangkat lain yaitu STB atau set-top box.

Sudah hampir semua produk televisi modern saat ini telah dilengkapi dengan lubang konektivitas yang cukup lengkap seperti lubang koneksi port USB, I/O RCA, HDMI dan koneksi lainnya.

5. Perhatikan Nilai Refresh Rate Serta Rasio Kontras Pada Televisi
Foto : haberport.com
Hal penting lainnya dalam memilih televisi yang bagus serta sesuai keinginan adalah dengan memperhatikan nilai rasio kontras dan refresh rate pada televisi. Semakin besar nilai rasio kontras dan refresh rate pada televisi maka akan semakin baik kualitas gambar serta warna yang akan ditampilkan pada layar televisi anda.

Nilai rasio kontras yang tinggi dapat mempengaruhi kualitas gambar serta warna yang ditampilkan menjadi lebih bagus dan nilai tinggi pada refresh rate akan menghasilkan tampilan gambar tersebut menjadi lebih smooth atau halus sehingga gambar yang ditampilkan di televisi nyaman saat ditonton karena tidak ada kesan gambar patah-patah.

Untuk standar refresh rate yang disarankan adalah lebih dari 60Hz, karena jika kurang dari 60Hz, maka gambar seakan-akan berkedip atau patah-patah. Oleh karena itu, pastikan anda memilih televisi yang nilai refresh ratenya tinggi.

Dengan memilih televisi yang memiliki tingkat nilai refresh rate serta rasio kontras yang tinggi maka anda tidak akan kecewa dengan hasil gambar yang ditampilkan pada layar televisi anda.

6. Pilih Televisi Dengan Fitur Yang Sesuai Kebutuhan Anda
Foto : www.amazon.co.uk
Kini produk televisi telah dikembangkan menjadi lebih canggih, bukan hanya sekedar untuk menampilkan siaran televisi saja seperti yang ada pada produk televisi keluaran lama. Namun kini kita juga bisa memanfaatkan berbagai macam fitur yang telah ditawarkan oleh televisi modern saat ini.

Meski sebenarnya televisi keluaran lama sudah ada fitur seperti AV atau audio video yang dapat digunakan untuk konsul game PS2. Namun, tetap saja konsul yang lebih modern saat ini memerlukan fitur terbaru saat ini.

Memang produk televisi baru-baru ini telah dilengkapi dengan fitur-fitur tambahan yang canggih dan tidak dimiliki oleh produk televisi keluaran lama, fitur tambahan terbaru tersebut dapat difungsikan dengan beberapa bantuan perangkat tambahan lainnya seperti konektivitas USB port untuk memutar video maupun musik dengan menggunakan flashdisk yang sudah diisi dengan file data, lubang port koneksi HDMI yang dapat digunakan untuk komputer/laptop ataupun smartphone untuk menjadikan televisi sebagai monitor sehingga dapat menampilkan gambar dari komputer/laptop atau smartphone ke layar televisi.

Selain fitur USB dan HDMI, produk televisi masa kini juga ada yang mendukung speaker tambahan, bahkan teknologi televisi modern kini telah ada yang hadir dengan mengusung teknologi seperti layaknya Smartphone, yaitu televisi dengan teknologi baru yang disebut Smart TV dengan fiturnya yang bisa terhubung ke internet sehingga dapat difungsikan untuk mengakses layanan internet secara online seperti menonton video di youtube atau membuka website misalnya dengan google.

Sesuai dengan fitur-fitur canggih yang ditawarkan tersebut, maka tentu harga jual dari televisi tersebut juga akan lebih mahal, namun semua itu kembali kepada anda sendiri, tergantung kebutuhan anda masing-masing, jika memang menginginkan fitur tambahan tersebut maka anda harus bersedia membeli dengan harga yang telah ditentukan oleh produk televisi tersebut.

7. Perhatikan Masalah Garansi 
Foto : www.polytronstore.com
Setiap produk khususnya pada produk barang-barang elektronik tentunya memiliki kemungkinan kerusakan entah itu karena sebab saat packing, pengiriman atau bahkan memang terjadi kerusakan saat proses produksi barang tersebut.

Karena hal tersebut maka produk seperti televisi memiliki layanan garansi, hal penting yang perlu anda perhatikan yaitu memastikan garansi tersebut resmi atau garansi pabrik (bukan garansi toko), karena dengan garansi pabrik tersebut maka produk televisi yang anda beli akan lebih terjamin saat anda melakukan klaim garansinya, artinya layanan garansinya akan terjamin kualitasnya misalnya spare part yang rusak akan diganti dengan yang baru dan lain sebagainya.

Mungkin cukup sekian dulu untuk artikel kali ini semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda yang berencana ingin membeli televisi baru.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Memilih TV Yang Bagus Serta Yang Sesuai Dengan Keinginan Anda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel