-->

Mengenal Smart TV Atau Televisi Pintar Yang Bisa Terhubung Internet

Seiring dengan kemajuan teknologi internet yang semakin canggih, di sektor perangkat elektronik seperti televisi juga mengalami perkembangan yang sangat pesat, bahkan media elektronik yang satu ini kini telah hadir dengan menawarkan fitur teknologi gadget kekinian yang canggih. Layaknya seperti smartphone, produk televisi kini juga menyuguhkan fitur-fitur akses internet sehingga disebut sebagai Smart TV atau televisi pintar.

Bisa dibilang para produsen barang elektronik kini memang cukup inovatif dalam hal memenuhi kebutuhan pengguna atau para konsumen saat ini.

Apa Itu Smart TV?

Smart TV atau istilah lainnya televisi pintar merupakan jenis televisi yang telah dikembangkan untuk teknologi televisi masa depan. Berbeda dengan televisi biasa pada umumnya, Smart TV tak hanya mampu menerima siaran televisi saja, tetapi juga bisa digunakan untuk mengakses layanan internet secara online dengan mudah dan praktis, cukup dengan menghubungkan televisi ke jaringan internet melalui WiFi atau kabel Ethernet, maka anda pun sudah bisa melakukan browsing, streaming video, chatting di medsos atau bahkan bermain game.

Sebuah Smart TV sendiri telah dibekali dengan sistem operasi atau OS untuk menjalankan berbagai aplikasi baik itu online maupun offline.

Pada beberapa produk Smart TV kini pun juga sudah ada yang telah mendukung fitur touchscreen atau layar sentuh serta juga terdapat web camera yang dapat digunakan untuk video call atau komunikasi tatap muka dengan teman maupun sanak saudara yang jauh.

Tak hanya itu saja Smart TV juga masih memiliki berbagai macam fitur canggih lainnya, antara lain sebagai berikut :

Fitur Streaming Video & Film
Foto : www.walmart.com
Tak sedekar dapat menonton siaran televisi lokal, anda juga bisa menonton siaran televisi luar negeri atau film-film populer lainnya baik dalam maupun luar negeri asalkan Smart TV anda sudah terhubung dengan jaringan internet.

Fitur layanan streaming video dan film ini dapat anda akses melalui aplikasi layanan streaming video seperti Netflix, Vudu, Pandora atau bahkan layanan streaming terbaik seperti YouTube dan masih banyak lagi.

Fitur Internet Browsing
Foto : www.lifewire.com
Selain fitur streaming video, Smart TV juga menawarkan fitur akses internet lainnya seperti browsing menggunakan google, UC browser dan aplikasi web browser lainnya. Bahkan Smart TV saat ini juga telah dilengkapi dengan lubang port USB yang sudah mendukung keyboard dan mouse.

Anda bisa browsing secara langsung di Smart TV menggunakan remote control untuk mengetik atau untuk kontrol lainnya, namun untuk mengetik lebih disarankan menggunakan keyboard agar lebih mudah dan cepat.

Fitur Chatting Di Social Media
Foto : www.spidersweb.pl
Selain browsing, anda juga dapat bermain sosial media atau istilahnya chatting, biasanya sudah disertakan juga aplikasi chatting seperti Facebook, Twitter dan lainnya saat anda membeli produk Smart TV ini. Di beberapa Smart TV bahkan telah dilengkapi dengan web camera sehingga pengguna dapat melakukan komunikasi tatap muka langsung atau video call dengan keluarga atau orang lain dengan bantuan aplikasi Skype.

Fitur Google Play Store
Foto : www.sony.co.in
Bukan hanya ponsel Android saja, kini televisi atau lebih tepatnya Smart TV juga bisa melakukan instalasi berbagai aplikasi, sehingga bermain game online maupun offline pun juga bisa dilakukan dengan Smart TV, dengan cara melakukan pemasangan atau meng-install aplikasi terlebih dulu.


Fitur Magic Remote Yang Canggih
Foto : www.amazon.co.uk
Meskipun untuk saat ini belum semuanya, pada beberapa produsen Smart TV kini ada juga yang menawarkan fitur magic remote, remote control ini mampu membuat sebuah perintah layaknya mouse yang bisa scroll naik-turun.

Dan yang lainnya juga ada fitur perintah suara atau voice command, sehingga pengguna dapat melakukan perintah melalui suara, fitur ini sangat cocok bagi anda yang ingin bersantai karena sangat memudahkan saat mengubah saluran ataupun untuk mengontrol besar kecilnya volume suara televisi dengan gerakan tangan atau dengan suara.

Fitur Multitasking
Foto : www.theverge.com
Fitur menarik lainnya yang ditawarkan Smart TV ialah mampu menjalankan dua program secara bersamaan dalam satu waktu atau multitasking, halaman Home dasboard pada Smart TV menyuguhkan tampilan yang menarik serta nyaman digunakan sebagai menu utama, sementara web browser di Smart TV berfungsi sebagai media untuk berselancar di dunia maya atau istilah kerennya browsing layaknya sebuah komputer.

Dan dengan fitur multitasking tersebut anda bisa menjalankan web browser untuk berselancar di dunia maya tanpa perlu kawatir ketinggalan siaran televisi yang sedang berlangsung di Smart TV anda, karena semua itu bisa di jalankan secara bersamaan dalam satu waktu atau istilahnya multitasking.

Itulah beberapa hal seputar Smart TV atau televisi pintar yang dapat terhubung dengan jaringan internet, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda yang ingin mengenal lebih dalam tentang Smart TV.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mengenal Smart TV Atau Televisi Pintar Yang Bisa Terhubung Internet"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel