-->

Bingung Memilih Ukuran TV Untuk Ruangan? Lakukan Saja Tips Berikut Ini

Foto : novequinze.blogspot.com
Bisa dibilang televisi cukup penting bagi kebanyakan orang pada umumnya, buktinya kita sering menjumpai media elektronik yang satu ini di berbagai tempat seperti di ruangan pada rumah-rumah, perkantoran, hotel-hotel, rumah sakit dan berbagai tempat lainnya.

Seperti yang kita tahu bahwa televisi berguna sebagai media untuk mendapatkan sebuah informasi maupun berita, dan disamping itu televisi juga dapat berguna untuk sarana hiburan.

Dipasaran banyak sekali pilihan ukuran televisi yang sudah disediakan, tinggal kita saja yang harus memilih ukuran yang sesuai dengan kebutuhan ruangan. Memang menyesuaikan ukuran televisi pada ruangan sangat diperlukan agar kita tidak kecewa saat menonton televisi kita nantinya.

Bagi anda yang masih bingung dalam menentukan pilihan ukuran televisi untuk ruangan, anda bisa melakukan beberapa tips berikut ini.

1. Ketahui Jarak Pandang 

Saat sedang menonton televisi tentunya akan ada yang namanya jarak pandang yaitu jarak dari anda duduk menonton ke televisi. Yang harus anda lakukan jika ingin memilih ukuran televisi yang ideal untuk ruangan anda adalah mengetahui jarak pandang yang biasa anda lakukan atau jika belum tahu anda bisa menentukan jarak pandang tersebut terlebih dulu.

Setelah anda mengetahui jarak pandang, maka tinggal menyesuaikan ukuran televisinya seperti gambar dibawah ini.
Foto : www.pinterest.com
Ukuran televisi yang ideal atau yang disarankan adalah sepertiga dari jarak pandang atau jarak dari anda duduk menonton ke televisi.

Misalnya ruangan anda memiliki ukuran 5x4 meter, dan jarak pandang anda menonton dari sofa ke televisi dengan jarak 3 meter, maka ukuran televisi yang ideal adalah : 1/3 x 3 meter = 1 meter atau 39,3 inch kita dibulatkan menjadi 40 inch.

Maka, ukuran televisi yang ideal atau yang disarankan adalah sekitar 40 inch untuk jarak pandang tersebut.

2. Perhatikan Sudut Pandang Saat Menonton TV
Foto : www.crutchfield.com
Mungkin anda pernah mengalami disaat menonton televisi dari sudut samping gambar yang terlihat pada televisi menjadi agak kabur, ini biasa terjadi pada televisi jenis LED yang memang memiliki sudut pandang yang kurang baik, kontras dan akurasi warnanya akan sedikit hilang jika dilihat dari sisi samping.

Idealnya televisi yang anda beli haruslah mampu menampilkan gambar dengan jelas, khususnya ketika dilihat dari sisi sudut yang sering anda tempati, selain itu anda juga harus memperhatikan titik sudut pandang yang baik saat menonton, yaitu menonton dengan posisi sudut tegak lurus dengan televisi.

3. Fungsi Ruangannya

Fungsi dari ruangan juga perlu diperhatikan dalam memilih ukuran televisi yang ideal, karena jika tidak bisa-bisa nanti anda akan kecewa dengan hasil gambar yang ditampilkan televisi tersebut karena tidak sesuai dengan kebutuhan dari fungsi ruangan anda.

Untuk itu, anda harus menyesuaikan ukuran televisi dengan fungsi ruangan tersebut, jika memang fungsi ruangan tersebut menginginkan ukuran televisi yang besar maka anda tentu harus memilih ukuran televisi yang besar dan begitu juga sebaliknya.

Itulah beberapa tips memilih ukuran televisi yang ideal atau sesuai dengan kebutuhan ruangan, mungkin cukup sekian dulu untuk artikel kali ini semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Bingung Memilih Ukuran TV Untuk Ruangan? Lakukan Saja Tips Berikut Ini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel