-->

Agar Mata Tak Rusak, Begini Cara Menonton TV Yang Benar

Foto : ramadan.sindonews.com
Apakah anda biasa menonton TV di waktu senggang. Jika iya, maka tidak ada salahnya untuk membaca artikel saya kali ini mengenai cara menonton televisi yang benar serta aman.

Memang dizaman sekarang ini, menonton siaran di televisi seperti sudah menjadi kebiasaan atau bahkan kebutuhan sehari-hari, kebanyakan dari kita menonton televisi untuk mendapatkan segala informasi atau wawasan, meski juga sering digunakan untuk sarana hiburan.

Namun penting juga untuk diperhatikan di saat menonton sebuah televisi, anda harus tetap menjaga kesehatan mata, tentunya kita semua tidak menginginkan mata yang biasa kita rawat tersebut rusak.

Kebanyakan dari kita seringkali mengalami kelelahan pada mata atau merasakan pedih pada mata disaat sedang menonton televisi, hal ini biasa terjadi ketika kita terlalu lama menonton televisi. Selain faktor lamanya waktu menonton, efek ini juga dapat disebabkan karena beberapa kesalahan lainnya seperti jarak pandang yang kurang aman, pencahayaan yang salah dan beberapa kesalahan lainnya.

Efek mata sakit ketika menonton televisi seperti diatas, tentunya bukanlah hal yang bisa dianggap remeh karena jika hal tersebut diteruskan, maka bisa memungkinkan membuat kerusakan pada mata kita. Maka dari itu, anda harus memperhatikan hal-hal penting untuk menjaga kesehatan mata agar tidak rusak.

Berikut ini adalah beberapa tips cara menonton televisi yang benar agar mata tidak rusak, yang bisa anda terapkan di rumah anda masing-masing.

Cara Menonton TV Yang Benar Dan Aman Supaya Mata Tak Rusak


1. Kenali Jarak Aman Menonton TV
Foto : voxconf.me
Apakah anda tipe orang yang suka menonton televisi dengan jarak yang sangat dekat demi kepuasan? Jika iya, maka jangan lakukan lagi hal semacam ini, karena menonton televisi dengan jarak yang dekat tersebut kurang aman untuk mata anda.

Jika anda melakukannya, mata anda akan cepat lelah dan sakit, tentunya jika hal ini anda lakukan terus-menerus bukan tidak mungkin bisa membuat kerusakan pada mata anda. Maka dari itu, anda harus mengetahui jarak pandang yang aman disaat menonton televisi.

Jarak aman menonton televisi yang direkomendasikan adalah 5x lebar diagonal layar televisi anda, misalnya jika lebar diagonal layar televisi anda adalah 24 Inch, maka dihitung 5x24 inch = 120 inch.

Jadi, jarak menonton televisi yang direkomendasikan agar aman adalah 120 inch.

Sekarang anda tinggal menyesuaikan jarak amannya dengan mengikuti perhitungan seperti diatas, itu karena setiap orang memiliki televisi dengan ukuran diagonal layar yang berbeda-beda.

Dengan jarak tonton televisi yang aman tersebut, maka mata kita akan menjadi rileks, sehingga lensa mata tidak perlu bekerja keras untuk menangkap gambar. Dalam hal ini mata kita juga tidak akan mudah lelah serta lebih terhindar dari kemungkinan terjadinya kerusakan pada mata.


2. Batasi Waktu Tonton 

Di dalam menonton televisi anda juga harus membatasi waktu tonton anda, karena menonton televisi dalam waktu yang lama sangatlah tidak disarankan. Seperti yang kita ketahui bahwa efek dari menonton televisi yang terlalu lama dapat membuat mata lelah dan sakit.

Oleh sebab itu, alangkah baiknya untuk anda mengurangi waktu menonton televisi, berilah kesempatan pada mata anda untuk mengistirahatkannya sejenak bisa dengan cara berkedip atau dengan memejamkan mata sejenak.

Selain bertujuan untuk menjaga kesehatan mata, hal ini juga dapat mengurangi rasa lelah atau sakit yang kita alami setelah menonton televisi.

3. Seimbangkan Pencahayaan Pada TV Dengan Ruangan Ketika Menonton
Foto : neurosciencenews.com
Di saat menonton televisi, anda juga harus menyeimbangkan cahaya antara ruangan dengan televisi anda, khususnya pada saat malam hari. Kebanyakan dari anda mungkin terkadang menonton televisi dalam keadaan ruangan yang gelap, sedangkan cahaya pada televisi yang ditonton sangat terang.

Sebenarnya cara menonton televisi seperti ini kurang baik untuk kesehatan mata, mungkin anda sudah menyadarinya disaat menonton televisi dengan keadaan pencahayaan ruangan yang gelap tersebut mata akan terasa lelah atau sakit, hal ini memang sudah wajar karena pada keadaan seperti itu mata kita akan bekerja ekstra keras untuk menangkap cahaya gambar pada layar monitor televisi.

Untuk itu, anda harus menyeimbangkan cahaya antara ruangan dengan televisi anda agar mata tidak cepat lelah atau sakit yaitu dengan cara membuka jendela di siang hari atau dengan menggunakan lampu pada waktu malam hari.

Selain memperhatikan pencahayaan ruangannya, anda juga perlu melakukan pengaturan atau penyeimbangan cahaya televisinya yakni dengan melakukan pengaturan pada rasio kontras menggunakan remote control.

4. Posisikan TV Sembilan Puluh Derajat Dengan Sudut Cahaya Lain
Foto : id.sharp
Seperti yang kita tahu bahwa jika kita memposisikan televisi sejajar dengan sudut cahaya lain, maka layar monitor televisi kita akan silau karena mendapat pantulan cahaya dari sudut lain seperti dari jendela.

Oleh karena itu, anda harus memposisikan televisi anda dengan sudut 90° dari jendela atau sumber cahaya lain. Dengan demikian maka anda tidak akan merasakan efek silau pada mata yang tentunya kurang nyaman jika sedang menonton televisi yang selain kurang nyaman efek silau tersebut juga kurang baik untuk kesehatan mata.

Karena itulah, jika anda memposisikan televisi dengan sudut 90° dari jendela maka cahaya dari jendela tidak akan menggangu layar televisi anda.

5. Pilih TV Dengan Refresh Rate Yang Tinggi
Foto : www.murdockcruz.com
Refresh rate pada televisi merupakan hal yang tak kalah penting untuk diperhatikan, semakin tinggi nilai refresh rate pada televisi maka gambar yang ditampilkan juga akan lebih baik untuk dipandang, nilai refresh rate sendiri mewakili banyaknya gambar yang dipulihkan "refresh" dan nilai tersebut diukur dalam. Hertz atau Hz.

Jika nilai refresh rate yang dimiliki sebuah televisi sangat rendah, maka gambar yang ditampilkan pada layar akan berkesan seperti patah-patah atau tidak halus. Nilai refresh rate yang disarankan adalah 120 Hz, semakin tinggi nilai refresh rate pada televisi maka akan semakin baik pula untuk mata kita dalam memproses gambar yang terlihat di layar televisi, sehingga tidak membuat mata kita menjadi sakit.

6. Mengatur Penempatan posisi TV Yang Tepat
Foto : www.interdesain.com
Dalam menentukan letak televisi pada ruangan, mungkin tidak semua orang akan memikirkan posisi yang paling ideal untuk televisi tersebut ditempatkan, kebanyakan orang suka menempatkan televisi di atas dinding dengan alasan supaya tidak membuat sempit ruangan.

Sebenarnya sah-sah saja untuk menempatkan televisi diatas seperti itu, namun anda juga harus memperhatikan penempatan yang sesuai, hindarilah menempatkan posisi televisi yang terlalu tinggi, karena hal ini dapat membuat leher serta mata anda menjadi cepat lelah atau capek.

Karena kebanyakan orang menonton televisi dengan posisi duduk, maka posisi penempatan televisi yang ideal untuk menjaga kenyamanan serta kesehatan mata dan leher adalah dengan meletakkan televisi sejajar dengan penglihatan mata saat duduk.

Itulah beberapa tips cara menonton televisi yang benar dan bisa anda terapkan di rumah, mungkin cukup sekian dulu untuk artikel saya kali ini semoga bisa bermanfaat bagi anda semua.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Agar Mata Tak Rusak, Begini Cara Menonton TV Yang Benar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel