-->

Inilah 4 Hal Penting Seputar Menonton Video Di TV Menggunakan Flashdisk Yang Perlu Anda Ketahui

Di zaman yang serba digital seperti sekarang ini, menonton video atau film tidak lagi menggunakan kaset CD/DVD seperti pada waktu dulu yang cukup ribet untuk dilakukan karena harus menggunakan DVD player untuk memutar video maupun film yang ingin ditonton. Namun, untuk sekarang ini kemajuan teknologi khususnya pada perangkat televisi telah berkembang dengan baik.

Sesuai dengan perkembangan zaman modern seperti sekarang, yaitu zaman serba digital ini, perangkat televisi baru-baru ini telah dilengkapi dengan teknologi modern yaitu dengan fitur tambahan konektivitas lubang port USB yang bisa dipakai baik untuk keperluan memutar musik, menampilkan teks atau gambar dan bahkan memutar video atau film favorit kita.

Uniknya lagi, kita bisa memutar khususnya video atau film dengan cepat, mudah dan praktis tanpa memerlukan perangkat tambahan yang ribet seperti media pemutar video serta kaset CD/DVD. Namun, yang diperlukan hanyalah penyimpanan data eksternal seperti flashdisk eksternal atau hardisk eksternal bahkan bisa juga menggunakan kartu memori smartphone dengan gabungan card reader untuk menonton film favorit kita.

Tentunya di dalam penyimpanan data eksternal tersebut harus tersimpan file data video atau film sebelum bisa digunakan atau ditonton, file data film itu sendiri merupakan sebuah data file digital yang bisa didapatkan dengan cara men-downloadnya melalui internet yang kemudian disimpan di dalam penyimpanan data kita.

Setelah data file film yang berupa digital tersebut sudah di download maka kita bisa menyimpannya ke dalam penyimpanan data eksternal seperti flashdisk, dan baru setelah itu kita pun sudah bisa memutarnya menggunakan perangkat yang telah mendukung fitur konektivitas port USB, seperti halnya pada perangkat televisi yang ingin saya bahas pada kesempatan kali ini.

Meskipun sebenarnya memutar video atau film menggunakan penyimpanan data eksternal seperti flashdisk pada perangkat televisi ini terbilang mudah, namun masih ada beberapa hal penting yang perlu anda ketahui. Hal ini juga untuk mengatasi masalah video tidak dapat diputar pada perangkat televisi anda.

Berikut Ini 4 Hal Penting Seputar Menonton Video Di Televisi Menggunakan Flashdisk Yang Perlu Anda Ketahui

1. Konektivitas USB Port
Foto : https://helpguide.sony.net
Agar dapat menghubungkan perangkat televisi anda dengan penyimpanan eksternal seperti flashdisk, maka tentunya harus tersedia lubang port koneksi USB yang biasanya berada di belakang layar televisi, lubang ini sendiri akan menjadi tempat colokan untuk penyimpanan eksternal seperti flashdisk sehingga file data video maupun film dari flashdisk akan bisa diakses atau dikenali oleh perangkat televisi anda.

Selain memastikan ketersediaan lubang konektivitas USB port, anda juga harus memastikan pula apakah port USB tersebut bisa digunakan untuk memutar video atau film, karena pada beberapa kasus ada televisi yang menyediakan port USB namun hanya difungsikan sebagai media untuk melakukan aktivitas perbaikan atau pembaruan sistem pada televisi dan tidak dapat digunakan untuk memutar video atau film anda.

Untuk itu, tidak ada salahnya disaat akan membeli perangkat televisi anda lakukan percobaan terlebih dahulu pada fitur konektivitas USB port pada televisi tersebut.

2. Jenis Format Drive Flashdisk Harus Kompetibel Dengan TV

Tahukah anda bahwa format drive yang salah juga bisa membuat video atau film tidak dapat diputar, jika format drive pada penyimpanan eksternal salah atau tidak kompatibel dengan perangkat televisi anda maka file data video atau film yang tersimpan dalam penyimpanan eksternal seperti flashdisk tidak akan terdeteksi atau terbaca.

Sebenarnya terdapat beberapa jenis format drive untuk penyimpanan data seperti FAT, FAT32, exFAT atau NTFS. Jika penyimpanan data eksternal misalnya flashdisk anda mengalami masalah format drive yang salah, maka jalan satu-satunya untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan cara mengganti format drive yang sesuai yaitu dengan cara mem-format file data dalam flashdisk anda melalui komputer. Namun ingat, disaat ingin mem-formatnya anda harus menyalin file data anda terlebih dahulu karena mem-format itu sama saja dengan menghapus semua data anda yang ada dalam flashdisk.

3. Ketahui Format File Video Atau Film Yang Sesuai Untuk Perangkat TV
Foto : filmora.wondershare.com
Apakah anda mengalami masalah video atau film tidak bisa diputar, atau lebih tepatnya ada yang bisa diputar namun sebagian tidak bisa diputar? Jika iya, maka itu disebabkan oleh format file film atau video anda yang tidak mendukung untuk diputar di perangkat televisi anda.

Sebenarnya terdapat beberapa jenis format file video atau film yang umum digunakan misalnya seperti WMA, 3GP, AVI, VOB, MKV, MP4, MPG, DIVX, XviD dan lain-lain. Dan yang perlu anda ketahui adalah umumnya tidak semua format file video atau film tersebut bisa diputar di perangkat televisi, hal ini berbeda dengan perangkat lainnya seperti smartphone yang rata-rata sudah mampu memutar segala macam jenis format file video atau film.

Di dalam buku petunjuk produk televisi yang anda beli biasanya sudah disertakan sebuah keterangan mengenai format file video atau film yang mendukung untuk diputar di perangkat televisi anda, jadi silahkan anda periksa buku petunjuk produk agar disaat mendownload video nantinya format filenya sesuai dengan yang tertera di buku petunjuk produk.

4. Gunakan Koneksi Alternatif Lain Untuk Memutar Video Atau Film
Foto : wearablestech.blogspot.com
Selain menggunakan fitur konektivitas melalui USB port, dalam memutar video atau film anda juga bisa menggunakan alternatif lainnya misalnya menggunakan konsul game dengan kabel I/O RCA (port AV/Audio Video) atau bisa juga dengan menggunakan set-top box dengan kabel HDMI (port HDMI).

Cara alternatif ini sangat cocok bagi anda yang ingin memutar video atau film tanpa menggunakan fitur konektivitas USB port, jadi apabila USB port anda bermasalah cobalah menggunakan cara alternatif lain seperti diatas.

Oke mungkin cukup sekian dulu untuk artikel saya kali ini semoga bisa bermanfaat bagi anda semua pengunjung blog ini. Salam ...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Inilah 4 Hal Penting Seputar Menonton Video Di TV Menggunakan Flashdisk Yang Perlu Anda Ketahui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel