-->

Berikut Ini Kelebihan Yang Dimiliki TV Tabung Dibanding TV Jenis Lain

Foto : www.techdump.org
Siapa sih yang gak tahu televisi?, media elektronik yang satu ini sering kali kita gunakan untuk sarana hiburan dan juga sebagai sarana untuk mendapatkan segala informasi. Bicara soal televisi mungkin anda semua sudah tidak asing lagi dengan televisi jenis tabung atau juga biasa disebut dengan TV CRT (Cathode Ray Tube).

Foto : allgreenrecycling.com
Televisi jenis ini sangat populer di tahun 1990-an, tepatnya sebelum kemunculan televisi jenis-jenis baru yang lebih modern saat ini. Di era digital seperti sekarang televisi tabung telah tergeser, memang seiring dengan berjalannya waktu teknologi akan terus menerus mengalami perkembangan.

Teknologi televisi tabung telah tertinggal dengan teknologi televisi modern saat ini sehingga produksinya pun sudah berkurang, hal ini bisa dibuktikan dengan minimnya stok barang di pasaran untuk televisi jenis tabung ini. Namun meskipun teknologinya telah tertinggal, televisi jenis tabung ini juga memiliki kelebihannya tersendiri lho, bahkan beberapa kelebihannya tersebut tidak dimiliki oleh televisi jenis lain yang ada di pasaran.

Berikut Ini Adalah Beberapa Kelebihan Yang Dimiliki TV Tabung Dibanding TV Jenis Lain

1. Rata-rata Mampu Bertahan Lebih Lama/Lebih Awet

Dari sekian banyaknya jenis televisi yang ada, untuk masalah ketahanannya televisi tabung ini sudah tidak perlu diragukan lagi karena memang terbukti mampu bertahan lama hingga bertahun-tahun, bahkan tak jarang ada yang mampu bertahan sampai puluhan tahun lamanya.

Hal ini bisa terjadi karena mengingat televisi tabung mempunyai tabung CRT yang kokoh sehingga televisi jenis ini mampu berusia panjang.

2. Harganya Lebih Terjangkau

Dalam segi harganya televisi tabung dipatok dengan harga yang relatif lebih murah dibanding dengan televisi jenis lainnya, jadi bagi anda yang menginginkan televisi dengan harga yang bersahabat mungkin membeli televisi tabung adalah pilihan yang tepat.

3. Selalu Dapat Menyiarkan Acara TV Meski Di Tempat Terpencil

Dalam sebuah rangkaian perangkat televisi, antena merupakan faktor yang sangat mempengaruhi di dalam bagus tidaknya sebuah tampilan siaran televisi yang sedang berlangsung pada setiap saluran yang ada. Tentunya sangat tidak nyaman apabila sebuah televisi tidak mampu menyiarkan acara pada beberapa saluran yang tersedia.

Akan tetapi, hal ini tidak berlaku bagi televisi tabung karena televisi jenis tabung ini selalu dapat menyiarkan acara televisi meskipun ditempatkan di posisi yang kurang menguntungkan seperti di tempat-tempat terpencil yang sulit dijangkau sinyal antena.

Receptor pada televisi tabung membuat siaran televisi tersebut bisa disiarkan meski di tempat terpencil sekalipun. Dalam hal ini televisi tabung lebih baik jika dibanding dengan televisi jenis lainnya.

4. Suara Bass-nya Lebih Kencang 

Karena bentuknya yang besar membuat penempatan untuk ruang speaker yang juga lebih luas sehingga apabila dipasang speaker dengan ukuran besar maka hal ini tidak akan menjadi masalah, berbeda dengan televisi jenis lain seperti televisi layar datar yang ramping. Speaker pada televisi tabung mempunyai suara bass yang lebih kencang jika dibandingkan dengan televisi jenis lain.

Selain itu, rata-rata televisi tabung juga dilengkapi dengan mode subwoofer yang bagus.

5. Layarnya Mudah Dibersihkan

Kelebihan lainnya dari televisi tabung adalah layarnya sangat mudah serta aman untuk dibersihkan, itu karena layar televisi tabung terbuat dari bahan gelas kaca yang tebal. Hal ini berbeda dengan televisi LED yang harus sangat berhati-hati dalam membersihkannya, karena layar televisi LED sendiri sangat rentan rusak atau lecet.

6. Lebih Mudah Diperbaiki

Setiap barang khususnya perangkat elektronik seperti televisi tentu suatu saat akan mengalami yang namanya kerusakan, jika hal ini terjadi maka mau tidak mau kita harus memperbaikinya agar bisa digunakan lagi apabila tidak ingin membeli yang baru. Untuk perbaikannya bisa dilakukan sendiri jika mampu atau bisa juga dengan diserahkan kepada ahlinya yaitu tukang reparasi televisi.

Dalam hal perbaikan, televisi tabung adalah televisi yang paling mudah untuk diperbaiki hal ini bisa anda buktikan dengan bertanya langsung kepada ahlinya yaitu tukang reparasinya. Perbaikan yang mudah tersebut dikarenakan spare part yang di mudah di dapat.

Selain mudah diperbaiki, ongkos reparasi televisi tabung juga relatif lebih murah jika dibandingkan dengan televisi jenis lain.

7. Tidak Mudah Hilang/Dicuri

Seperti yang kita tahu bahwa televisi tabung memiliki bobot yang lumayan berat, selain berat ukurannya juga besar atau tebal. Dalam hal ini seringkali membuat kita mengeluh dalam memindahkannya karena bobotnya yang berat tersebut.

Namun disamping itu, bobotnya yang berat tersebut bisa membawa dampak yang positif bagi kita, yakni dapat mengurangi resiko hilang akibat dari kejahatan pencurian atau perampokan di dalam rumah. Hal ini sudah terbukti dengan sekian banyaknya pencurian perangkat televisi yang beredar, ternyata yang paling banyak dialami adalah hilangnya televisi layar datar seperti televisi LCD atau LED yang memang bobotnya sangat ringan.

Oke mungkin cukup sekian dulu untuk artikel saya kali ini semoga bisa bermanfaat bagi anda semua pengunjung blog ini. Salam ...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Berikut Ini Kelebihan Yang Dimiliki TV Tabung Dibanding TV Jenis Lain"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel