-->

4 Cara Praktis Membersihkan Rice Cooker Yang Bau Dengan Benar

Foto : www.onegoodthingbyjillee.com
Kebersihan rice cooker juga merupakan suatu hal yang penting untuk diperhatikan karena jika tidak, maka bisa berdampak buruk pada kesehatan kita sendiri, tentunya kita semua sudah paham bahwa salah satu faktor penting untuk mendapat makanan yang sehat itu berasal dari alat masak yang bersih.

Maka dari itu, kita harus senantiasa menjaga kebersihkan rice cooker dengan cara membersihkannya agar nasi yang dimasak aman untuk kesehatan. Sebenarnya membersihkan rice cooker juga harus dilakukan secara rutin agar rice cooker tidak bau serta nasinya juga tidak basi ketika memasak.

Anda harus pandai-pandai meluangkan sedikit waktu untuk membersihkannya, meski dalam keseharian ada kesibukan.

Selain membersihkan wadah panci rice cooker, bagian lain juga penting untuk dibersihkan terutama pada bagian tutup rice cooker yang sering membuat bau tidak sedap. Dalam membersihkan rice cooker juga tidak boleh dilakukan secara sembarangan karena apabila dilakukan sembarangan bukan tidak mungkin malah membuat kerusakan lainnya pada rice cooker kita.

Cara Membersihkan Rice Cooker
Foto : m.wikihow.com
Sebelum kita memulai membersihkan rice cooker, maka pertama yang harus dilakukan adalah memutuskan aliran listriknya terlebih dulu dengan cara mencabut colokan rice cooker dari stop kontak listrik.

Kemudian diamkan rice cooker sejenak sampai dingin apabila keadaan rice cooker masih panas.

1. Membersihkan Panci
Foto : tiger-corporation-us.com
Bagian panci ini sebenarnya mudah dibersihkan namun tetaplah berhati-hati dalam membersihkannya agar tidak merusak lapisan anti lengket pada panci.

Untuk membersihkannya, pertama angkat atau lepas panci dari body bagian dalamnya, kemudian sebelum dibersihkan rendam terlebih dulu dengan air selama sekitar 10 menit, hal ini dilakukan agar nanti lebih mudah saat membersihkan sisa nasi yang menempel (gunakan air hangat dan sabun jika ingin hasil yang lebih maksimal).

Setelah direndam, gunakan busa atau spons yang halus untuk digunakan membersihkan sisa-sisa nasi yang ada di panci tersebut, gosok dengan hati-hati agar tidak merusak lapisan anti lengket pada panci (jangan menggunakan benda kasar atau bahkan tajam untuk membersihkannya karena bisa merusak lapisan anti lengket pada panci).

Jika sisa nasi yang menempel telah berhasil dibersihkan, selanjutnya bilas panci dengan air bersih sampai sisa sabun dan kotoran lainnya berhasil dibuang, jika sudah maka kemudian keringkan panci sebelum digunakan kembali.

2. Membersihkan Bagian Dalam

Foto : www.chowhound.com
Di bagian dalam rice cooker biasanya akan ada sisa nasi yang menempel di pinggiran dan ada juga yang sampai jatuh ke bagian dalam. Karena di bagian dalam ini berdekatan dengan elemen pemanas yang rentan rusak jika terkena air, maka cukup bersihkan bagian ini dengan kain lap basah saja.

Untuk membersihkannya gunakan lap basah yang telah diberi sabun cuci piring, usapkan pada semua bagian dalam ini terutama di bagian yang kotor, saat membersihkannya sedikit miringkan posisi rice cooker agar air tidak masuk ke dalam elemen pemanas rice cooker. Lalu bersihkan kembali menggunakan lap basah yang bersih, kemudian langsung keringkan dengan lap kering karena bagian ini rentan terhadap air.

Setelah semuanya sudah bersih maka diamkan dulu sampai benar-benar kering sebelum rice cooker digunakan kembali.

3. Membersihkan Bagian Tutup 
Foto : youtube.com
Umumnya masalah bau tidak sedap pada rice cooker biasa disebabkan oleh bagian ini, di bagian pinggiran tutup rice cooker ini biasanya terdapat lubang kecil yang berfungsi untuk mengeluarkan uap air panas dari dalam ketika proses memasak nasi berlangsung. Nah, jika di bagian ini tidak di bersihkan maka hal ini akan membuat nasi cepat basi, selain itu sirkulasi udara di dalam rice cooker juga dapat terganggu.

Di beberapa merk rice cooker ada yang menyediakan wadah kecil yang fungsinya sebagai penampung sisa uap air, jika wadah ini terdapat air maka sebaiknya anda segera membuang airnya agar tidak mengotori rice cooker anda, wadah kecil ini biasanya bisa dilepas dengan cara memutar dan mengangkatnya.

Selain dibagian atas tutup, jangan lupa membersihkan bagian logam bundar pipih yang ada di dalam rice cooker, bagian ini juga bisa dilepas, saat melepasnya lakukan dengan perlahan dan berhati-hati karena biasanya akan ada kabel serta elemen dibelakang logam bundar ini, setelah terlepas gunakan lap kering untuk membersihkan sisa uap air di bagian ini, apabila terdapat noda yang menempel kuat anda bisa menggunakan lap basah yang telah diberi sabun cucian piring seperti cara membersihkan bagian-bagian rice cooker sebelumnya.

4. Membersihkan Bagian Body Luar
Foto : cleaninup.com
Bagian body luar rice cooker ini sangat mudah dibersihkan, resiko kerusakannya juga sangat minim, untuk membersihkan bagian ini anda hanya perlu menggunakan kain lap basah, setelah semua noda dibersihkan kemudian langsung keringkan dengan lap kering agar rice cooker terlihat bersih.

Banyak sekali manfaat yang bisa anda peroleh dari membersihkan rice cooker seperti ini, karena selain dapat lebih menjamin kesehatan kita, dengan membersihkan rice cooker juga akan membuat usia pakainya lebih terjaga sehingga rice cooker tidak mudah rusak.

Mungkin cukup sekian untuk artikel kali ini, semoga apa yang saya bagikan bisa bermanfaat bagi anda semua.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "4 Cara Praktis Membersihkan Rice Cooker Yang Bau Dengan Benar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel