-->

Jangan Buang Nasi Lembek Anda, Perbaiki Teksturnya Dengan Cara Berikut Ini

Foto : www.eater.com
Tak jarang juga ketika memasak nasi di rice cooker, nasi yang dimasak tersebut matang namun kurang sempurna misalnya nasi terlalu lembek. Pada umumnya hal ini terjadi karena kesalahan kita sendiri, nasi yang matangnya lembek tersebut biasa terjadi karena kita terlalu banyak dalam menambahkan air.

Meski kita telah menggunakan produk penanak nasi yang sudah modern seperti rice cooker, namun tetap saja apabila kita melakukan kesalahan dalam memasak maka nasi yang dimasak pun bisa matang dengan kurang sempurna, seperti kasus nasi yang lembek ini.

Mungkin anda semua sudah pernah mengalami ketika memasak nasi di rice cooker nasinya matang namun terlalu lembek?

Mungkin sebagian orang yang mengalami ini biasanya akan langsung membuang nasi yang lembek tersebut, sebenarnya nasi yang lembek tersebut masih bisa diperbaiki teksturnya menjadi lebih keras agar lebih layak dimakan.

Jadi, jika anda pernah mengalami hal ini, maka saya sarankan untuk jangan langsung membuang nasi yang lembek tersebut, karena masih ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk memperbaiki tekstur nasinya agar lebih keras atau bahkan lebih pulen.

Berikut ini adalah beberapa tips cara memperbaiki tekstur nasi yang lembek menjadi lebih keras dan lebih pulen yang dapat anda coba di rumah, antara lain :

1. Panaskan Kembali Di Rice Cooker Menggunakan Mode Cook
Foto : m.wikihow.com
Anda masih bisa memperbaiki tekstur nasi yang lembek agar lebih keras dengan cara memanaskannya kembali di rice cooker, dengan memanfaatkan suhu panas dari rice cooker maka akan membuat kadar air yang terdapat pada nasi anda yang lembek akan berkurang karena proses pemanasan di rice cooker tersebut.

Gunakan mode cook untuk memanaskan nasi supaya proses pemanasan dapat berjalan dengan cepat, serta jangan lupa untuk mengeceknya secara berkala agar nasi tidak gosong atau kering.

2. Mengeraskan Nasi Menggunakan Lemari Es Dan Microwave
Foto : wnytruthers.org
Ada cara lainnya yang dapat anda lakukan untuk memperbaiki tekstur nasi, yaitu dengan menggunakan lemari es dan microwave. Udara dingin pada lemari es serta suhu panas di microwave dapat membantu memperbaiki tekstur nasi agar lebih keras.

Caranya adalah dengan meletakkan nasi ke atas baki panggangan serta dengan dialasi kertas minyak dibawah nasi tersebut, lalu ratakan nasinya menggunakan sendok sampai tipis, dengan tujuan agar proses pengeringan nasi lebih cepat. Kemudian masukkan ke dalam kulkas selama 20-30 menit dan setelah itu panaskan kembali di microwave namun jangan menggunakan kertas minyak.

3. Mengeringkan Nasi Menggunakan Oven
Foto : www.pcrichard.com
Cara lainnya yang dapat anda lakukan untuk mengeraskan nasi yang lembek adalah dengan menggunakan oven, suhu panas yang tinggi pada oven ini dapat dimanfaatkan untuk mengeraskan nasi yang lembek.

Prosesnya hampir sama seperti yang sebelumnya, yaitu letakkan serta ratakan nasi diatas baki dengan dilapisi kertas minyak dibawah nasinya. Setelah itu, atur suhu ovennya ke yang terendah selama beberapa saat. Tunggulah nasi sampai teksturnya sudah cukup keras, namun setelah proses pemanggangannya selesai, jangan langsung dikeluarkan nasinya, matikan oven dan diamkan terlebih dahulu selama 2 menit sebelum dikeluarkan.

4. Manfaatkan Garam Untuk Mengeraskan Nasi 
Foto : www.tech-worm.com
Memang benar apabila menambahkan garam disaat memasak dapat membuat tekstur nasi menjadi lembek. Namun disamping itu, garam juga dapat kita manfaatkan untuk mengeraskan tekstur nasi yang lembek, itu karena garam memang dapat menyerap kelembaban air pada nasi.

Caranya adalah dengan meletakkan semangkuk garam di atas loyang penanak nasi paling atas. Kemudian diamkan selama 10-15 menit agar kandungan air yang berlebih pada nasi dapat terserap oleh garam tersebut.

5. Menggoreng Nasi Dengan Minyak
Foto : www.savoryexperiments.com
Menggoreng nasi yang lembek juga bisa memperbaiki teksturnya, itu karena suhu panas yang terdapat pada wajan penggorengan tersebut yang membuat tekstur nasi menjadi lebih keras.

Selain itu, dengan menggoreng nasi tersebut anda juga bisa membuat olahan makanan lain, yang biasa disebut nasi goreng. Anda dapat membuat nasi goreng yang lezat dari nasi lembek dengan tambahan bumbu-bumbu tertentu.

6. Kreasikan Menjadi Olahan Makanan Atau Jajanan Lainnya
Foto : www.theartfulappetite.com
Mungkin anda bisa mengolah nasi yang lembek untuk dijadikan olahan makanan lain apabila anda tidak ingin mengeraskan nasi yang lembek tersebut. Bahkan sebenarnya cukup banyak olahan makanan yang awalnya dibuat dari nasi lembek, misalnya saja seperti nasi kepal, bola-bola nasi, puding nasi atau bisa juga dibuat menjadi olahan jajanan pasar seperti arem-arem.

Dengan mengolahnya menjadi berbagai kreasi makanan seperti diatas, maka nasi  yang lembek tersebut dapat terselamatkan, bahkan terasa cukup lezat untuk dijadikan makanan.

Itulah beberapa tips cara memperbaiki tekstur nasi yang lembek, jadi jangan membuang nasi lembek anda, karena masih bisa diperbaiki lagi atau bahkan dimanfaatkan kembali untuk dibuat olahan makanan lainnya.

Mungkin anda bisa membaca artikel saya yang lainnya di bawah ini, bagi anda yang ingin mengatasi masalah nasi lembek ketika memasak.
Artikel Terkait : Lakukan 6 Hal Berikut ini Agar Nasi Yang Anda Masak Tidak Lembek
Oke mungkin cukup sekian dulu untuk artikel kali ini semoga bisa bermanfaat bagi anda semua. Dan terima kasih atas kunjungannya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Jangan Buang Nasi Lembek Anda, Perbaiki Teksturnya Dengan Cara Berikut Ini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel