-->

Lakukan 6 Hal Berikut ini Agar Nasi Yang Anda Masak Tidak Lembek

Foto : kitchenbyte.com
Dalam kehidupan sehari-hari kita membutuhkan makanan dengan kandungan karbohidrat tinggi seperti halnya nasi yang merupakan makanan pokok kita. Nasi merupakan sumber energi, dengan memakannya maka tubuh kita akan lebih berenergi atau bertenaga.

Kita harus memastikan bahwa nasi yang kita makan dalam porsi yang cukup, terutama bagi yang melakukan aktivitas berat maka porsinya juga harus lebih banyak, karena semakin banyak aktivitas yang dilakukan maka tubuh kita juga akan cepat lapar dan lelah sehingga membuat tubuh kita akan terasa berat atau kurang bertenaga dalam beraktivitas.

Akan tetapi, terkadang niat untuk memakan nasi dalam porsi yang cukup atau bahkan lebih dari biasanya dapat terhalang dikarenakan oleh tekstur nasi yang dimakan terlalu lembek atau terlihat seperti setengah bubur. Nasi yang lembek tersebut membuat nafsu makan berkurang karena memang kurang enak, ketika disantap rasanya akan seperti makan bubur.

Nasi yang lembek tersebut disebabkan karena kesalahan saat memasak atau bisa juga karena adanya masalah kerusakan pada rice cookernya.

Jika anda ingin memasak nasi yang pulen dan tidak lembek, maka ada beberapa hal  penting yang perlu anda perhatikan serta dilakukan, untuk lebih jelasnya silahkan simak artikel berikut ini tentang cara memasak nasi yang benar agar tidak lembek.

1. Ketahui Terlebih Dahulu Jenis Beras Yang Akan Dimasak
Foto : mithilaawaz.net
Jika anda tidak ingin beras yang dimasak menjadi lembek, maka kita harus mengetahui terlebih dahulu jenis beras yang akan anda masak tersebut. Apakah jenis berasnya mudah lembek atau sulit lembek.

Karena pada umumnya beda jenis beras, maka berbeda juga kebutuhan takaran airnya. Tidak semua jenis beras dapat dimasak dengan takaran air yang sama, dan pada kenyataannya ada beras yang hanya membutuhkan sedikit air agar teksturnya tidak terlalu lembek atau bahkan ada juga beras yang membutuhkan banyak air agar teksturnya menjadi pulen.

Maka dari itu, untuk mengetahui kebutuhan takaran air pada jenis beras yang anda pilih tersebut, maka perlu dilakukan percobaan kecil-kecilan dulu, tentunya ini bertujuan agar tidak terlalu banyak membuang nasi apabila percobaan tersebut mengalami kegagalan.

Setelah dari percobaan tersebut anda berhasil menemukan takaran air yang pas untuk jenis beras pilihan anda, jika diperlukan anda bisa mencatatnya sekalian. Dengan mengetahui takaran air yang pas tersebut maka selanjutnya anda dapat memasak nasi dalam jumlah yang banyak sekalipun tanpa perlu kawatir nasinya akan menjadi lembek.

2. Selalu Tiriskan Air Sampai Kering Setelah Mencuci Beras
Foto : runawayrice.com
Kebanyakan orang tidak meniriskan beras sampai benar-benar kering ketika selesai mencucinya, padahal hal ini sebenarnya juga bisa membuat nasi yang kita masak menjadi lembek, itu dikarenakan sisa air dari mencuci beras tersebut yang menambah takaran air pada beras, sehingga hasilnya nasi akan menjadi lembek ketika dimasak.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu meniriskan air cucian beras sampai benar-benar kering setelah mencuci beras, pastikan takaran airnya tidak terlalu banyak, jika kesulitan meniriskannya anda bisa menggunakan saringan.

3. Gunakan Takaran Perbandingan Yang Pas Antara Air Dengan Beras
Foto : www.sipolos.com
Sangat penting untuk mengetahui takaran perbandingan yang pas antara beras dan air agar nasi bisa pulen atau tidak lembek ketika dimasak. Pada umumnya takaran perbandingan untuk beras putih adalah beras 1 : 2 air, yang artinya jika beras yang dimasak sebanyak 1 gelas takar maka airnya harus 2 gelas takar.

Anda bisa memasak nasi yang pulen atau tidak lembek dengan menerapkan takaran perbandingan ini jika anda memasak beras putih, Namun tetap lakukan percobaan terlebih dahulu seperti pada poin 1 diatas karena meski sama-sama jenis beras putih terkadang masih ada selisih takaran meskipun sedikit.

Jika anda telah menerapkan takaran perbandingan ini namun nasi masih saja lembek, maka yang perlu anda lakukan hanyalah cukup dengan mengurangi sedikit takaran airnya untuk mengatasi nasi lembek tersebut.

4. Jangan Masak Lebih Dari Satu Jenis Nasi Dalam Satu Wadah 
Foto : balanceblog.bistromd.com
Jika anda mempunyai berbagai macam jenis beras, hindarilah memasak lebih dari satu jenis beras sekaligus dalam satu wadah panci rice cooker jika anda tidak ingin nasi yang dimasak akan gagal menjadi terlalu lembek atau terlalu kering.

Perlu anda ketahui bahwa jika kita memasak lebih dari satu jenis beras sekaligus, misalnya kita sedang memasak dua jenis beras yang berbeda katakanlah kita memasak beras putih dan beras merah, maka yang akan terjadi adalah kegagalan pada salah satunya.

Karena seperti yang sudah saya jelaskan diatas takaran perbandingan beras putih adalah beras 1 : 2 air, sedangkan untuk beras merah perbandingannya adalah beras 1 : 4 air, jadi sudah jelas jika kita menggabungkan dua jenis beras tersebut maka akan mengalami kegagalan pada salah satunya, dapat dicontohkan seumpama kita menerapkan perbandingan takaran beras merah, maka beras putih yang dimasak akan menjadi lembek.

Jadi, hindarilah memasak lebih dari satu jenis beras sekaligus dalam satu wadah panci rice cooker agar nasi matang sempurna tidak kering ataupun lembek.

5. Jangan Menambahkan Garam Ataupun Mentega Pada Nasi Anda
Foto : yasminroohi.com
Sebagian orang lebih suka menambahkan beberapa taburan mentega atau garam saat memasak nasi karena mereka berpendapat dengan menambahkannya maka nasi yang akan dimasak akan menjadi lebih lezat ketika disantap.

Namun meski demikian, hal ini sangat disayangkan karena sebenarnya penambahan garam ataupun mentega tersebut hanya akan membuat nasi yang kita masak menjadi lembek. Karena baik mentega atau garam tersebut dapat membuat nasi cepat lunak dan hancur.

Akan tetapi anda sebenarnya bisa menambahkannya tanpa membuat nasi menjadi lembek, jika ingin menambahkan garam atau mentega maka tunggulah sampai nasinya matang, setelah nasi tersebut matang barulah anda bisa menambahkannya ke nasi serta mengaduknya supaya merata.

6. Lakukan Perbaikan Pada Rice Cooker Jika Terdapat Kerusakan
Foto : youtube.com
Jika sudah melakukan beberapa langkah diatas namun tetap saja nasi lembek, maka ada kemungkinan bahwa terdapat kerusakan pada rice cooker anda sehingga membuat nasi yang dimasak selalu saja lembek meski sudah melakukan beberapa upaya seperti diatas.

Kerusakan pada rice cooker memang bisa membuat nasi menjadi lembek, meskipun kerusakan tersebut tidaklah terlalu parah. Kerusakan yang membuat nasi yang dimasak menjadi lembek adalah karena elemen tutup rice cooker yang tidak berfungsi selayaknya, biasanya jika elemen ini rusak maka akan membuat uap air yang naik tidak dapat dinetralisir atau dibuang, dan akibatnya uap air tersebut menjadi air lagi dan jatuh ke nasi, sehingga saat nasi sudah matang maka akan menjadi lembek.

Itulah beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk mengatasi nasi yang lembek ketika memasak.

Mungkin cukup sekian dulu untuk artikel kali ini, semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Lakukan 6 Hal Berikut ini Agar Nasi Yang Anda Masak Tidak Lembek"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel