-->

Ketahuilah 6 Hal Berikut Ini Agar Nasi Yang Anda Masak Tidak Kering Atau Menguning

Foto : www.fifteenspatulas.com
Apakah anda pernah mengalami saat memasak nasi di rice cooker, nasinya matang namun kering atau menguning?

Jika pernah maka anda bisa menyimak artikel saya berikut ini, untuk mengatasi masalah nasi kering atau menguning ketika memasak.

Untuk saat ini produk rice cooker telah mengalami perkembangan yang sangat pesat, namun meski demikian masih ada saja masalah ketika menggunakannya, contohnya seperti nasi yang kering atau menguning ketika memasak.

Masalah nasi kering atau menguning disaat memasak di rice cooker, sering kali terjadi pada beberapa orang. Penyebab yang paling sering terjadi adalah karena kesalahan dalam penggunaan misalnya seperti kurangnya takaran air, terlalu lama menghangatkan nasi dan beberapa sebab lainnya.

Selain sebab kesalahan penggunaan, penyebab nasi kering atau menguning tentu juga bisa disebabkan oleh adanya kerusakan pada rice cooker itu sendiri.

Oleh karena itu, penting bagi anda yang ingin memasak nasi untuk mengetahui hal berikut ini agar nasi yang anda masak tidak kering atau menguning.

1. Ganti Panci Rice Cooker Jika Lapisannya Terkelupas

Berbeda dengan produk rice cooker keluaran lama, untuk saat ini produk rice cooker pada umumnya sudah memiliki lapisan anti lengket pada wadah pancinya.

Lapisan tersebut sangat penting untuk menjaga kestabilan suhu rice cooker saat bekerja. Apabila lapisan anti lengket tersebut sampai terkelupas hal ini juga bisa menjadi masalah, karena selain bisa menggangu kesehatan kita lapisan panci yang terkelupas juga dapat membuat nasi yang kita masak menjadi kering atau menguning.

Jadi, perhatikan lapisan anti lengket pada rice cooker anda, apabila sudah terkelupas maka segeralah lakukan penggantian jika anda tidak mau nasi yang anda masak menjadi kering atau bahkan kurang aman untuk kesehatan anda sendiri.

2. Sesuaikan Takaran Antara Air Dengan Beras
Foto : https://m.wikihow.com
Tentunya disaat memasak nasi kita biasa menambahkan air dengan beras ke dalam wadah panci rice cooker, yang perlu diperhatikan adalah penyesuaian takaran perbandingan antara air dengan beras tersebut.

Jika anda terlalu berlebihan dalam menambahkan air, maka nasi yang anda masak akan menjadi lebih basah atau lembek, sedangkan jika air yang anda tambahkan lebih sedikit maka nasi yang dimasak akan menjadi lebih kering atau bahkan menguning.

Maka dari itu, pada intinya kita harus tahu takaran perbandingan antara air dengan berasnya supaya nasi yang kita masak bisa matang dengan sempurna.

3. Pastikan Rice Cooker Anda Tertutup Rapat Ketika Sedang Memasak
Foto : https://m.wikihow.com
Salah satu penyebab nasi yang anda masak menjadi kering atau menguning adalah dikarenakan kurang sempurnanya dalam  menutup rice cooker saat anda memasak.

Perlu anda ketahui jika rice cooker kita tidak tertutup dengan sempurna disaat memasak, maka yang akan terjadi adalah uap yang seharusnya menjaga nasi anda agar tetap lembab tersebut keluar melalui celah pada tutup rice cooker yang tidak tertutup rapat tersebut, sehingga menyebabkan nasi menjadi cepat kering.

Oleh karena itu, penting bagi anda untuk memastikan rice cooker sudah tertutup rapat disaat sedang memasak, agar nasi yang dimasak tidak menjadi kering atau menguning.

4. Aduk Nasi Setelah Matang
Foto : https://nova.grid.id
Mengaduk nasi setelah matang juga bisa mencegah nasi agar tidak kering, dengan mengaduk nasi secara merata, maka akan membuat uap air serta air yang ada didalam nasi dapat tersebar secara merata, sehingga membuat nasi yang sebelumnya kering dapat melunak.

Jadi, aduklah nasi secara merata khususnya di bagian pinggiran panci yang biasanya nasinya kering.

5. Jangan Menghangatkan Nasi Terlalu Lama
Foto : www.thekitchn.com
Rice cooker pada umumnya memang sudah tersedia sebuah fitur tambahan untuk menghangatkan nasi, disaat nasi sudah matang biasanya fitur menghangatkan nasi (warm) ini akan bekerja secara otomatis menggantikan posisi dari memasak (cook) ke menghangatkan (warm).

Memang dengan menggunakan fitur warm atau menghangatkan nasi tersebut kita dapat mencegah nasi agar tidak cepat basi. Akan tetapi perlu juga diingat bahwa jika kita terlalu lama menghangatkan nasi, maka hal ini akan membuat nasi yang dimasak menjadi kering atau menguning.

Meskipun produk rice cooker saat ini memang ada yang bisa menghangatkan nasi sampai 48 jam dan umumnya kebanyakan hanya 24 jam saja. Tetap saja hal ini kurang disarankan untuk menggunakan fitur penghangat nasi dalam jangka waktu yang lama, karena selain dapat membuat nasi menjadi kering atau menguning, hal ini juga dapat memboroskan tagihan listrik anda.

6. Lakukan Perbaikan Pada Rice Cooker

Dan yang terakhir ini bisa dibilang yang paling sulit untuk diatasi, yakni nasi kering yang disebabkan oleh adanya kerusakan pada rice cooker kita.

Berbeda dengan poin-poin diatas yang bisa dilakukan dengan mudah, jika rice cooker kita sudah rusak maka dalam hal mengatasi masalah nasi kering atau menguning akan menjadi hal yang sulit untuk diatasi.

Tentunya rice cooker yang rusak tersebut sudah tidak mampu bekerja dengan baik dan meskipun kita mencoba melakukan beberapa langkah pencegahan seperti diatas, dalam hal ini masih akan tetap sulit untuk mencegah nasi kering atau menguning.

Jadi, jalan satu-satunya adalah dengan memperbaiki rice cooker kita, kerusakan rice cooker yang dapat membuat nasi yang kita masak menjadi kering biasanya disebabkan oleh rusaknya komponen dalam rice cooker semisal tombol otomatis rusak, kerja pir pegasnya sudah menurun dan beberapa kerusakan lainnya.

Oke cukup sekian dulu ya untuk artikel kali ini, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda dan terima kasih atas kunjungannya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Ketahuilah 6 Hal Berikut Ini Agar Nasi Yang Anda Masak Tidak Kering Atau Menguning"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel