-->

Lakukan Hal Ini Agar Rice Cooker Anda Tidak Mudah Rusak

Foto : youtube.com
Rice cooker merupakan salah satu peralatan rumah tangga yang sering digunakan oleh para ibu di rumah untuk memasak nasi sehari-hari.

Perabotan rumah tangga yang satu ini memang sangat penting untuk menunjang kebutuhan kehidupan kita sehari-hari, sebab dengan adanya rice cooker maka pekerjaan memasak ataupun menghangatkan nasi menjadi lebih mudah serta juga lebih praktis.

Namun meskipun demikian, dalam penggunaannya rice cooker tidak bisa digunakan secara sembarangan, sebab dengan penggunaan yang sembarangan tersebut dapat membuat rice cooker cepat rusak.

Meski sewaktu-waktu rice cooker bisa mengalami kerusakan, tetap saja penting untuk melakukan yang namanya perawatan, hal ini bertujuan supaya usia pakai rice cooker tersebut tetap terjaga agar awet dan tidak mudah rusak.

Ada beberapa hal perlu dilakukan untuk perawatan terhadap rice cooker tersebut, antara lain sebagai berikut :

1. Hindarilah Mencuci Beras Menggunakan Wadah Panci Rice Cooker
Foto : viralkan.win
Kebiasaan mencuci beras menggunakan wadah panci rice cooker seringkali kita lakukan setiap kali kita ingin memasak nasi. Padahal kebiasaan ini tanpa kita sadari lama kelamaan akan dapat merusak lapisan anti lengket pada wadah panci rice cooker tersebut.

Banyak orang yang tidak paham bahwa dengan mencuci atau membersihkan beras yang akan dimasak menggunakan wadah panci tersebut dapat merusak lapisan yang ada pada panci rice cooker.

Jika lapisan anti lengket yang ada pada panci rice cooker tersebut terkikis, bukan tidak mungkin akan membuat nasi yang dimasak menjadi lengket.

2. Jangan Memasak Nasi Melebihi Kapasitas Rice Cooker
Foto : tikimgo.pw
Rice cooker memiliki batas kapasitas pengisian nasi sendiri-sendiri tergantung model ukuran rice cooker yang anda beli. Saat anda ingin menanak nasi perlu juga diperhatikan kapasitas atau takaran nasinya, jangan menanak nasi melebihi kapasitas pengisian rice cooker, karena dapat menyebabkan nasi susah matang atau nasi meluber keluar, tentunya anda juga tidak ingin nasi yang telah dimasak tersebut terbuang percuma.

Maka dari itu, anda harus menyesuaikan takaran nasi ketika ingin memasak.

Perlu juga anda ketahui bahwa memasak nasi yang melebihi kapasitas juga dapat merusak rice cooker anda.

3. Lap Bagian Luar Wadah Panci Sampai Kering

Salah satu kesalahan yang sering terjadi dalam menggunakan rice cooker adalah kebiasan menempatkan wadah panci yang masih dalam keadaan basah bagian luarnya ke dalam rice cooker. Padahal kebiasaan seperti ini sangat kurang baik untuk dilakukan, sebab hal ini dapat merusak elemen pemanas pada rice cooker.

Oleh karena itu, ketika anda hendak ingin memasak nasi, pastikanlah terlebih dahulu wadah panci bagian luar tersebut dalam keadaan kering sebelum dimasukkan ke dalam rice cooker, jika keadaannya masih basah maka lap terlebih dulu sampai kering sebelum dimasukkan ke dalam.

4. Jangan Menggunakan Sendok Makan Saat Mengambil Nasi

Hindarilah menggunakan benda keras seperti sendok makan saat sedang mengambil nasi. Gunakanlah sendok nasi yang telah disediakan saat anda membeli rice cooker.

Jika sendok nasi rusak maka belilah sendok nasi baru khusus rice cooker yang terbuat dari plastik.

5. Selalu Lakukan Pengecekan Pada Penampung Uap Air

Perlu juga diperhatikan untuk selalu mengecek keadaan penampung uap air yang ada pada rice cooker. Jika terdapat air pada penampung uap air tersebut, maka lakukan pembersihan atau buang air tersebut dengan segera, karena jika kita membiarkannya terus menerus selama berhari-hari, hal ini dapat menyebabkan bau yang tidak sedap sehingga nasi yang kita masak juga akan berkurang kelezatannya.

6. Kurangi Kebiasaan Menghangatkan Nasi
Foto : www.simplyrecipes.com
Usahakanlah untuk mengurangi pemakaian rice cooker dalam hal menghangatkan nasi, karena disamping dapat membuat pemborosan energi listrik, menghangatkan nasi terlalu lama juga dapat membuat rice cooker cepat rusak.

Walaupun rice cooker modern saat ini mampu menghangatkan nasi selama 24 jam, namun tetap saja hal ini kurang disarankan, karena memberi kesempatan rice cooker untuk beristirahat juga diperlukan agar rice cooker tetap awet.

7. Bersihkan Rice Cooker Dengan Cara Yang Benar
Foto : tiger-corporation-us.com
Dalam mencuci sebuah rice cooker kita harus melakukannya dengan baik dan benar yakni secara berhati-hati agar tidak terjadi kerusakan, misalnya saja saat mencuci wadah panci kita harus berhati-hati agar lapisan anti lengket pada panci tersebut tidak rusak atau terkelupas.

Selain itu, juga ada beberapa tips dalam mencuci atau membersihkan nasi sisa yang masih menempel di bagian wadah panci, yakni dengan cara merendam wadah panci dengan air hangat, lalu diamkan beberapa saat sampai sisa nasi yang menempel dalam wadah panci tersebut melunak. 

Dan setelah itu, bersihkan sisa nasi tersebut menggunakan spon yang halus. Jangan menggunakan benda yang keras atas kasar seperti sendok makan dan lainnya, agar lapisan panci tidak rusak atau terkelupas.

Pembersihan bagian dalam rice cooker juga tak kalah penting untuk menjaga agar komponen kerja rice cooker tidak terganggu. Dan untuk membersihkan bagian dalam rice cooker tersebut yaitu dengan melepas baut terlebih dahulu, biasanya di bagian dalam rice cooker akan ada debu atau sisa nasi kering yang jatuh di dalamnya.



Mungkin cukup sekian untuk artikel kali ini dan semoga bisa bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Lakukan Hal Ini Agar Rice Cooker Anda Tidak Mudah Rusak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel